Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Menteri Andrinof: RPJMN Memperhatikan Pembangunan Ekonomi Berkualitas

May 21st, 2015 9:45 am

Image Not Found.

Siaran Pers

JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan di bawah kepemimpinan  Presiden Joko Widodo,  pemerintah mengedepankan konsep pembangunan berkualitas, termasuk di dalamnya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Dalam rangka, mengejar pertumbuhan ekonomi berkualitas, kata Andrinof, ekonomi harus benar-benar tumbuh berkelanjutan dan berkesinambungan. “Bukan sebaliknya, pertumbuhan yang naik turun atau fluktuatif, “ ujar Andrinof saat membuka seminar “Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas” dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 di Kementerian PPN/Bappenas, Rabu (20/5). Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan Usaha Kecil Menengah  Rahma Iryanti, Halim Alamsyah Deputi Gubernur Bank Indonesia, dan Sonny Harry B. Harmadi Staf Khusus Menteri PPN/Bappenas.

Menteri Andrinof mengatakan parameter lain dari pertumbuhan ekonomi berkualitas adalah pertumbuhan ekonomi harus mampu menyediakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat. Jangan sampai pertumbuhan ekonomi tidak berdampak terhadap tersedianya lapangan kerja. Pertumbuhan ekonomi berkualitas juga harus memberikan dampak atau fungsi berantai terhadap sektor-sektor lain. Tidak boleh, hanya satu sektor saja yang diprioritaskan, sementara sektor lain tidak diperhatikan. Antar sektor harus saling menghidupkan,  bukan menghambat. Semua sektor juga harus dibangun sehingga mampu memberikan multiplier effect yang lebih besar. Dengan begitu, masyarakat secara luas dapat merasakan manfaat dari adanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. “Tidak hanya terkonsentrasi di wilayah-wilayah tertentu saja, “ ujar Andrinof.

Dan yang tidak kalah pentingnya, dalam mengejar pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, tidak boleh menimbulkan kerusakan atau kerugian-kerugian tersembungi. Dalam mengimplementasikan konsep pembangunan berkualitas misalnya, jangan sampai merusak lingkungan atau menghabiskan sumber daya energi. Jadi intinya, pembangunan ekonomi yang berkualitas merupakan strategi pembangunan yang memanfaatkan pengelolaan sumber daya energi maupun alam untuk kemakmuran manusia dan masyarakat, bukan malah sebaliknya.

Dokumen RPJMN 2015-2019, menurut Andrinof sangat memperhatikan dan mengedepankan pembangunan ekonomi berkualitas, termasuk di dalamnya pertumbuhan ekonomi berkualitas. Untuk itu, sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2015-2019 dalam strategi pembangunan nasional, pemerintah (Kabinet Kerja) mengedepankan tiga norma Pertama, membangun untuk manusia dan masyarakat; Kedua, upaya peningkatan kesejahteran, kemakmuran, produktivitas tidak boleh menciptakan ketimpangan yang makin melebar. Perhatian khusus diberikan kepada peningkatan produktivitas rakyat lapisan menengah bawah, tanpa menghalangi, menghambat, mengecilkan dan mengurangi keleluasaan pelaku-pelaku besar untuk terus menjadi agen pertumbuhan. Ketiga, aktivitas pembangunan tidak boleh merusak, menurunkan daya dukung lingkungan dan keseimbangan ekosistem. Lebih lanjut, Menteri PPN/Kepala Bappenas mengatakan dalam upaya mencapai  pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pemerintah telah menetapkan tiga dimensi pembangunan yaitu dimensi pembangunan manusia; dimensi pembangunan sektor unggulan; serta dimensi pemerataan dan kewilayahan.

Beberapa agenda strategis yang akan dibangun pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkualitas antara lain pembangunan kawasan industri, pembangunan tol laut dalam mendukung poros maritim dunia, pembangunan hydro power, pembangunan 49 waduk, pembangunan kawasan ekonomi khusus, pembangunan proyek pembangkit listrik berkekuatan 35 ribu megawatt, program satu juta rumah, pembangunan kawasaan perbatasan, revitalisasi balai latihan kerja hingga pembangunan techno park.  

 

Jakarta, 20 Mei  2015

 

Thohir Afandi

Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan

Kementerian PPN/Bappenas

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas

Jl. Taman Suropati No. 2 Jakarta 10310

Telepon (021) 31936207, 3905650; Faksimile (021) 3145374

Email: humas(at)bappenas.go.id

 

 

619

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//