Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof: Restrukturisasi Kedeputian Mempertajam Efektivitas Perencanaan Pembangunan

May 11th, 2015 9:36 am


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menegaskan tak ada penghapusan menyeluruh atas kedeputian sarana dan prasana di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas. “Harus dibedakan antara menghapus satu jabatan dan menghapus organisasi yang mengurus urusan itu,” ungkap Menteri Andrinof dalam konferensi pers, Jum’at (8/5).

Wacana perampingan jabatan di pucuk kepemimpinan tak serta-merta menghapus direktorat terkait. Lima direktorat yang bernaung di bawah Kedeputian Sarana dan Prasarana, yakni Direktorat Transportasi, Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta, Direktorat Pengairan dan Irigasi, Direktorat Energi, Listrik, Telekomunikasi dan Informasi, serta Direktorat Pemukiman dan Perumahan, akan diberi rumah baru yang lebih tepat.      

“Misalnya, Direktorat Perumahan dan Permukiman, berdasarkan kajian dan telaah, lebih tepat berada di bawah Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah,” ujar Menteri Andrinof. Pasalnya, kedeputian tersebut mengurusi masalah kawasan, kewilayahan, otonomi daerah, desa, dan lainnya, yang terkait dengan direktorat tersebut.

Dengan berlakunya restrukturiasi kedeputian di Kementerian PPN/Bappenas, maka terjadi perubahan di struktur deputi dan eselon dua. Namun, perubahan tersebut sudah dirancang dengan pertimbangan matang sehingga mampu menggenjot efisiensi dan efektivitas kinerja, tanpa sedikitpun menghilangkan urusan terkait sarana dan prasarana.

Menteri Andrinof mengingatkan, ke depan, tugas besar Bappenas adalah meluruskan paradigma pembangunan dengan pendekatan komprehensif holistik, memperhatikan aspek manusia dan masyarakat, sektor unggulan, dan aspek kewilayahan, seperti tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Perumusan ide pembangunan yang baik dibutuhkan agar mampu menghasilkan pedoman penyelenggaraan pemerintahan. “Intinya, bagaimana menghasilkan ide pembangunan dan perencanaan yang berkualitas,” tegas beliau.

996

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//