Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof Paparkan Agenda Pembangunan Provinsi Banten

April 21st, 2015 2:58 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten, Senin (20/4). Turut hadir dalam  acara tersebut, Plt. Gubernur Banten Rano Karno dan para pejabat tinggi lainnya di lingkungan pemerintahan Provinsi Banten, serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya, Menteri Andrinof mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten mencapai 5,6 persen pada 2016.

“Tingkat pengangguran terbuka dapat diturunkan menjadi 9,2 persen,” papar beliau. Menteri Andrinof merekomendasikan beberapa agenda pembangunan Provinsi Banten. Pertama, pemberdayaan usaha kecil, menengah, dan koperasi khususnya dalam  akses permodalan dan penguasaan teknologi. Kedua, peningkatan jumlah produk industri pengolahan berkualitas ekspor. Ketiga, peningkatan kemudahan perizinan usaha.

Keempat, perbaikan kualitas jaringan jalan. Kelima, peningkatan akses pendidikan  khususnya pendidikan menengah (umum dan kejuruan) dan kesehatan. Keenam, peningkatan koordinasi antara pemerintah daerah dan otoritas moneter di tingkat wilayah dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif, peningkatan fungsi intermediasi perbankan di daerah, serta penjamin kredit dan pengendalian inflasi daerah.    

Dalam pidatonya, Menteri Andrinof memaparkan salah satu tantangan utama dalam mewujudkan Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) 2016, yakni keterbatasan infrastruktur termasuk pasokan listrik. Pemenuhan ketersediaan infrastruktur merupakan salah satu prasyarat utama yang harus dilakukan dalam pembangunan yang berkualitas. Pasalnya, jika tanpa visi yang jelas, pembangunan bisa memperlebar ketimpangan antar golongan dan  wilayah.

Selain itu, aktivitas pembangunan tidak boleh merusak, menurunkan daya dukung lingkungan dan menganggu keseimbangan ekosistem dalam upaya menghasilkan pertumbuhan dan kesejahteraan yang berkelanjutan. “Pembangunan infrastruktur diperlukan, utamanya untuk mendukung agenda prioritas kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kemaritiman, pariwisata dan industri dengan kelompok sosial yang luas dan sasaran wilayah yang memperhatikan pemerataan,” pungkas  Menteri Andrinof.

601

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved