Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof Kerja Sama Perdagangan Tiongkok-Indonesia Harus Ditingkatkan

June 17th, 2015 1:20 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menerima kunjungan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xie Fang beserta delegasi di Kementerian PPN/Bappenas, Selasa (16/6). Turut hadir menyambut kunjungan tersebut, Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Amalia Adininggar Widyasanti dan Direktur Pendanaan Luar Negeri Bilateral Kennedy Simanjuntak.

Duta Besar Xie Fang mengungkapkan Tiongkok sangat bersemangat terkait implementasi nota kesepahamanan antara Tiongkok dan Indonesia terkait pendanaan proyek kereta api super cepat yang akan menghubungkan dua kota besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Bandung.

“Pihak Tiongkok akan menyelipkan pembahasan mengenai penggunaan Light Rail Transit (LRT) dalam studi kelayakan,” ungkap Dubes Xie Fang. Selain itu, Tiongkok berencana tak hanya menjual perlengkapan kereta api ke Indonesia, tetapi juga memindahkan sebagian manufaktur ke Indonesia.

Menteri Andrinof menyambut baik langkah tersebut seraya mengingatkan Tiongkok untuk menyediakan kebutuhan pascaoperasional seperti perawatan kereta api. Lebih jauh, Menteri Andrinof juga memaparkan pentingnya kerja sama Indonesia dan Tiongkok dalam bidang perdagangan.

Tiongkok kini menduduki peringkat ketiga dalam daftar negara tujuan ekspor Indonesia, meski tahun lalu hubungan perdagangan keduanya menurun karena terjadi defisit akibat iklim ekonomi dunia dan aturan larangan ekspor mineral mentah yang diterapkan Indonesia. “Kita sudah mengetatkan kerja sama, kini saatnya meningkatkannya,” pungkas Menteri Andrinof.

755

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//