Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof: Keadilan Merupakan Prinsip Penting dalam Implementasi Sistem Jaminan Sosial

May 4th, 2015 9:48 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago membuka diskusi tingkat tinggi bertajuk High‐Level Knowledge Exchange on Implementing Fair, Sustainable and Effective Social Security System di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, (28/4). Turut hadir dalam acara tersebut, pejabat Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  Ketenagakerjaan, dan perwakilan negara sahabat seperti Tiongkok, Singapura, Filipina, Malaysia, dan lainnya.

Dalam paparannya, Menteri Andrinof menyebut implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 harus selaras dengan peningkatan pembangunan nasional dengan prinsip gotong royong. Falsafah tersebut melahirkan program jaminan sosial yang mampu menjangkau seluruh rakyat lewat distribusi sumber pendapatan.

Untuk itu, pelaksanaan pembangunan dilaksanakan melalui tiga dimensi pembangunan. Pertama, dimensi pembangunan manusia dan masyarakat melalui pendidikan, kesehatan, perumahan dan mental. Kedua, dimensi pembangunan sektor unggulan dengan prioritas kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kemaritiman, dan kelautan serta pariwisata dan industri. Ketiga, dimensi pemerataan dan kewilayahan.

Agar pembangunan berjalan sukses, kondisi sosial, politik, hukum, dan keamanan yang stabil diperlukan sebagai prasyarat pembangunan yang berkualitas. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perluasan cakupan kepesertaan semesta adalah kemampuan dalam memungut dan mengumpulkan iuran. “Sistem Jaminan Sosial Nasional mewajibkan adanya iuran yang digunakan sebagai sumber pendanaan dan pembiayaan pada tiap program,” papar Menteri Andrinof.

Jaminan sosial penting bagi Indonesia untuk terus melindungi lapisan masyarakat paling rapuh agar dapat bekerja dengan baik sehingga mampu menyediakan kehidupan yang layak bagi perorangan, keluarga, dan komunitas lokal. Dilihat dari kacamata pembangunan jangka panjang, hal tersebut penting untuk turut mengentaskan kemiskinan.

Prinsip penting dalam jaminan sosial Indonesia adalah keadilan. Menteri Andrinof menegaskan pemerintah  terus mengembangkan sistem jaminan sosial adil, baik bagi pemegang klaim maupun yang mendanai sistem tersebut. “Penting bagi kita untuk mengembangkan sistem di mana masyarakat berkontribusi sesuai kemampuannya,” tutup beliau.

421

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//