Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof: ISO Sangat Penting bagi Kemajuan Industri Indonesia

June 3rd, 2015 5:25 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menjadi pembicara kunci dalam acara ISO Days yang diselenggarakan Badan Standardisasi Nasional (BSN) di Hotel Inter Continental MidPlaza, Jakarta, Rabu (3/6). Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, International Organization for Standardization (ISO) Secretary General Rob Steele, serta Kepala BSN Bambang Prasetya.

Sebelumnya, BSN telah membentuk National Mirror Committee (NMC) yang berfungsi sebagai wadah persiapan dan koordinasi bagi sejumlah stakeholders agar mampu mencapai hasil maksimal sehingga standar lintas bidang di Indonesia semakin meningkat di mata dunia.  "Melalui Layanan Informasi Terpadu (LITE) lewat situs bsn.go.id, masyarakat bisa mengakses informasi tentang standardisasi," ungkap Bambang.

Menteri Andrinof menyebut standardisasi sangat penting bagi kemajuan industri. "Dalam RPJMN 2015-2019, dari sisi ekonomi, Indonesia mengincar kenaikan pertumbuhan ekonomi hingga 7-8 persen," papar Menteri Andrinof.

Untuk mewujudkan target tersebut, Indonesia harus menerapkan ekonomi efisien berbasis industri. Maka, perusahaan Indonesia harus bersaing dengan perusahaan internasional, terutama dari segi kualitas produksi hingga produk akhir.

Standardisasi tak hanya berlaku bagi perusahaan besar, tetapi juga bermanfaat bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa bersinergi dengan perusahaan besar. Koneksi tersebut akan membuat industri lebih kuat dan mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai RPJMN 2015-2019.

Selain itu, standardisasi juga menguntungkan bagi konsumen untuk mendapat harga barang dan jasa yang terkontrol dengan kualitas terjamin. "Saya sangat mendukung segala upaya untuk mempromosikan standarsisasi di Indonesia, termasuk pelaksanaan International Organization for Standardization (ISO) Days," pungkas Menteri Andrinof.

306

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//