Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof: Gunakan Metode Tepat untuk Menilai Kinerja Pemerintah

May 19th, 2015 6:21 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menjadi salah satu narasumber acara bincang-bincang Mata Najwa yang disiarkan langsung di stasiun televisi Metro TV, Rabu (13/5). Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy, serta Ekonom INDEF Enny Sri Hartati, Direktur Cyrus Network Hasan Nasbi, dan Direktur Eksekutif Polcomm Institute Heri Budianto.

Menteri Andrinof menyebut dalam menilai kinerja pemerintah, masyarakat harus membedakan antara hasil yang merupakan titik akhir dengan usaha yang mencakup segala proses kerja keras. Pasalnya, hasil tidak melulu selaras dengan usaha yang dikerahkan. “Kalau usahanya tidak dilihat sama sekali, tidak adil,” ungkap beliau.

Agar masyarakat mampu menilai kinerja pemerintah dengan lebih presisi, Menteri Andrinof menyebut metode yang digunakan harus tepat, yakni melihat secara keseluruhan. Seringkali, pemerintah sudah berusaha dengan gigih untuk memperjuangkan beberapa hal di lapangan dan di meja pertemuan, namun hasilnya tidak masimal karena faktor lain di luar kinerja pemerintah.

Selain itu, kinerja pemerintah, dalam hal ini bersinggungan dengan sejumlah kementerian terkait, harus dibedakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing kementerian. Patut diingat, tak semua kementerian berurusan langsung dengan masyarakat, “Ada yang kerjanya diam-diam dalam sunyi, baca konsep, dokumen,” ujar Menteri Andrinof. 

Menurut beliau, pemerintah saat ini sudah mampu membuat terobosan kasat mata semisal mampu mengeluarkan keputusan dalam hitungan hari, jauh lebih kilat dibanding waktu yang dibutuhkan di masa lampau yang mencapai tahunan untuk satu keputusan. Terkait isu reshuffle kabinet yang ramai diperbincangkan, Menteri Andrinof mengaku tidak terganggu. “Sama sekali tidak ada efeknya, tidak ada setitik pun, kita kerja saja,” tegas beliau.

667

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//