Choose Language
id us

Berita

Meningkatkan Kemitraan Indonesia-Jepang untuk Pembangunan

August 28th, 2016 3:44 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menghadiri dan menyampaikan Keynote Speech dalam acara 14th Asia Statesmen’s Forum pada Minggu (28/8) di Fairmont Hotel Jakarta. Dalam pidatonya, Menteri Bambang menjelaskan mengenai peningkatan hubungan Indonesia dan Jepang dalam nuansa perkembangan Agenda Global saat ini.

Menteri Bambang menjelaskan bahwa Indonesia merupakan mitra penting Jepang dalam hal kerjasama di bidang perdagangan. Selain itu, Indonesia sendiri merupakan negara menarik bagi Jepang untuk melakukan investasi, hal ini karena pertumbuhan pasar di Indonesia cukup besar. Jepang juga merupakan negara destinasi ekspor Indonesia seperti terlihat dari beberapa produk-produk Indonesia yang diekspor ke Jepang seperti bahan bakar mineral (minyak dan gas), bijih besi, kayu dan nikel. Tak hanya itu, dalam bidang infrastruktur Jepang dan Indonesia juga memiliki hubungan kemitraan yang telah terjalin baik.

“Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkomitmen untuk memperpanjang kerjasamanya dengan indonesia  melalui perkembangan infrastruktur yang berkualitas terutama pada listrik, transportasi, kemaritiman, pembangkit tenaga listrik, jalan kereta api, sistem transist cepat, serta dalam pertahanan dan keamanan,” ujar Menteri Bambang Brodjonegoro.

Dalam bidang ekonomi hubungan kerjasama antara Indonesia-Jepang juga cukup kuat, terlihat dalam perjanjian Kerjasama Ekonomi Indonesia dan Jepang atau dikenal dengan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). IJEPA merupakan kerjasama era baru di bidang ekonomi antara Jepang-Indonesia dalam capacity building dan melakukan liberalisasi, promosi dan fasilitas dari perdagangan dan investasi antar dua negara.

“IJEPA fokus pada aktivitas-aktivitas yang meningkatkan daya saing di perindustrian Indonesia, baik dalam bidang pertanian, perikanan dan produk-produk kehutanan. Salah satu proyek yang signifikan adalah perkembangan industri manufaktur pusat yang dikenal dengan Manufacturing Industry Development Center (MIDEC), yang mempromosikan daya saing industri Manufaktur di Indonesia,” papar Bambang dalam pidatonya.

Menteri Bambang pun berharap hubungan Indonesia-Jepang dalam bidang ekonomi dapat ditingkatkan. Terutama kerjasama dalam pembangunan industri, infrastruktur dan pengembangan  teknologi. Maka ke depannya dapat meningkatkan jaringan antara Indonesia dan Jepang, khususnya meningkatkan kualitas “value chain” dari produk ekspor dan impor dari Indonesia ke Jepang hingga seluruh Asia.


“Saya berharap Indonesia dan Jepang dapat menciptakan momentum yang baik untuk bersama-sama bekerja dalam membangun pemahaman ke depan yang berguna bagi masyarakat regional. Saya juga menanti hasil yang baik dari pertemuan 14th Asia Statesmen’s Forum ini,” tutur Menteri Bambang.

1428

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved