Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Luncurkan Blue Book 2015, Uni Eropa Perkuat Kemitraan Pembangunan dengan Indonesia

May 6th, 2015 10:36 am


Kementerian PPN/Bappenas bersama Uni Eropa meluncurkan  laporan tahunan mengenai kerja sama pembangunan Uni Eropa dan Indonesia yang diberi nama Blue Book 2015. Turut hadir dalam acara tersebut, Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa Colin Crooks dan Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Wismana Adi Suryabrata, serta pejabat kedutaan besar Belanda, Spanyol, Belgia, Prancis, dan Jerman.

Dalam sambutannya, Deputi Wismana mengatakan bahwa laporan ini merinci bantuan lebih dari 570 juta euro —setara dengan Rp 8,5 triliun— yang digelontorkan Uni Eropa dan negara-negara anggotanya untuk pembangunan di Indonesia pada 2014. Dana tersebut dicairkan untuk bantuan pembangunan dalam beberapa bidang seperti lingkungan dan perubahan iklim sebesar 341 juta euro, pendidikan 36 juta euro, kerja sama perekonomian 65 juta euro, tata kelola pemerintahan 31 juta euro, kesehatan, air dan sanitasi 16 juta euro, serta infrastruktur dan    kesigapan menangani bencana dan ketahanan pangan 81 juta euro.

“Secara kolektif, Uni Eropa dan negara anggotanya adalah donor terbesar di dunia dan telah mengucurkan lebih dari setengah nilai total bantuan globalnya untuk Indonesia pada 2014 lalu,” jelas Deputi Wismana pada peluncuran Uni Eropa Blue Book 2015 di Jakarta, Selasa (5/5).

Merujuk pada Blue Book 2015, Kuasa Delegasi Uni Eropa Colin Crooks memaparkan Uni Eropa dan Indonesia terus meningkatkan kerja sama dalam berbagai sektor strategis seperti pendidikan, perekonomian, lingkungan, dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Blue Book 2015 mengedepankan tema Putting People First atau Mengutamakan Masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan dipilihnya 2015 sebagai European Year for Development.       

Selain itu, lingkungan didapuk sebagai subtema besar sebagai fokus Blue Book 2015. “Untuk menunjukkan dan memperkuat kerja sama UE dan Indonesia dalam menanggulangi perubahan iklim, kami  mengangkat tema lingkungan pada peluncuran Blue Book tahun ini,” tutup Colin. 

598

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//