Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Kunjungan Delegasi Pemerintah Suriname Perkuat Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia

June 4th, 2018 2:26 pm


JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas menerima kunjungan delegasi Pemerintah Suriname yang diadakan di Ruang Rapat DH-4, Gedung Saleh Afif, Bappenas, pada Senin (4/6). Kunjungan ini diterima langsung oleh Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Pungky Sumadi. Deputi Pungky Sumadi mengungkapkan tujuan delegasi Pemerintah Suriname adalah dalam rangka membangun dan memperkuat hubungan kerjasama ekonomi antar kedua negara. “Pertemuan tadi dalam rangka kunjungan delegasi dari Suriname untuk membangun kerjasama ekonomi yang lebih kuat dengan Indonesia, karena hubungan dengan Indonesia sudah 43 tahun,” tutur Pungky.

Beliau juga menambahkan ada beberapa hal penting yang ingin dipelajari oleh delegasi Suriname dari Pemerintah Indonesia, diantaranya tentang asuransi pertanian, inseminasi sapi, dan investasi di bidang syariah. Selain itu mereka juga akan belajar bagaimana membuat sistem aturan perbankan syariah dan konvensional serta mengenai penjaminan simpanan untuk perumahan.

Duta Besar RI untuk Suriname Dominicus Supratikto mengatakan kunjungan delegasi Suriname ini merupakan ketiga kalinya dalam tiga tahun terakhir. “Selama ini 43 tahun diwarnai dengan kerjasama kebudayaan dan untuk itu kami melihat sudah waktunya untuk membangun hubungan dalam konteks bisnis. Ini ketiga kalinya kita membawa rombongan bisnis dari Suriname yang mewakili dari dunia pertanian, IT, dan perbankan,” jelas Dominicus.

Selanjutnya, Dubes RI untuk Suriname juga menambahkan hubungan bisnis dilakukan dalam rangka memberi dukungan dan memberdayakan warga Suriname yang merupakan keturunan Indonesia. “Sistem pertanian di Suriname sebenarnya sudah modern, yaitu adanya perkebunan pisang dan mereka sudah ekspor ke Uni Eropa. Kami melihat ada peluang di situ bahwa ada yang sudah maju kita dekati untuk kerjasama dan kalau bisa kita juga membangun komunikasi dengan masyarakat Jawa disana yang sudah masuk di dalam pertanian. Jadi hal semacam ini kita juga ingin membangun kerjasama di samping itu juga empowering masyarakat Jawa di Suriname,” ungkapnya.

2216

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2018 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved