Choose Language
id us

Berita Utama

Kementerian PPN/Bappenas Paparkan Capaian Millenium Development Goals Indonesia

April 20th, 2015 10:49 am


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago memaparkan keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan hampir seluruh target Millenium Development Goals (MDGs), program Perserikatan Bangsa-bangsa yang dicanangkan sejak 2000. “Hampir semua komponen MDGs sudah kita masukkan ke dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah),” ungkap beliau dalam temu wartawan di Kementerian PPN/Bappenas usai pertemuan dengan perwakilan Denmark, Selasa (14/4).

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Bappenas, Nina Sardjunani, menyatakan target MDGs pertama, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan dengan indikator satu dolar AS per kapita setiap hari telah dicapai pemerintah. Namun, Indonesia masih berjuang untuk mengentaskan malnutrisi. “Konsumsi per kapita kurang dari 1400 kalori per hari,” papar beliau.

Gol kedua, partisipasi sekolah dan pendidikan, juga telah terwujud. Ketiga, soal persamaan hak laki-laki dan perempuan pun turut dicapai. Gol keempat, mengenai kesehatan anak, bisa disebut hampir tercapai. Satu hal yang masih sulit direalisasikan, terkait gol kelima, yakni angka kematian ibu.

Target mengurangi 75 persen angka kematian ibu dari 1990 hingga 2015, menurut Nina, terlalu ambisius. Namun, gagalnya mencapai angka tersebut tak hanya menjadi milik pemerintah tanah air. “Ini salah satu gol MDGs yang tidak tercapai di seluruh dunia,” pungkasnya.

Gol kelima tentang kesehatan reproduksi dan gol keenam soal pemberantasan penyakit, khususnya Malaria dan Tuberkulosis, sudah berhasil diatasi. Tantangan yang tersisa adalah menanggulangi merebaknya HIV/AIDS di Indonesia. Gol ketujuh, menyangkut pembangunan lingkungan yang berkelanjutan, pemerintah menargetkan akselerasi air minum dan sanitasi akan mencapai 100 persen pada 2019.

Terakhir, MDGs kedelapan terkait membangun kemitraan global untuk pembangunan, dipastikan dapat tuntas pada 2015. Menteri Andrinof menyebut sejumlah target dan tantangan yang masih tersisa bagi Indonesia turut dipengaruhi luasnya wilayah dan beragamnya penduduk yang mencapai 254 juta orang dan terus bertambah hampir 3 juta setiap tahunnya.

Menteri Andrinof mengungkapkan, untuk beberapa isu yang menjadi tantangan Indonesia, pemerintah terus berusaha memetakan masalah dan menyempurnakan solusi. “Bagaimana untuk betul-betul membuat konsep pembangunan yang memperbaiki kualitas hidup manusia, masyarakat dan bangsa,” tutup beliau.

1103

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//