Choose Language
id us

Kementerian PPN/Bappenas Mengkoordinasikan Perumusan Model Pelaksanaan Rancangan Peraturan Sistem Peradilan Pidana Anak

December 15th, 2015 7:03 pm


Kementerian PPN/Bappenas menggelar rapat koordinasi mengenai model pelaksanaan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tata Cara Pelaksanaan Koordinasi, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Sistem Peradilan Pidana Anak. 

Dalam rapat yang digelar Selasa, 15 Desember 2015 di Ruang Serbaguna Kementerian ini, hadir perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat seperti LBH Apik,  Sahabat Kapas,  Setara,  dan lain-lain.

"Rapat koordinasi ini dibutuhkan untuk mengumpulkan data dan informasi dari para stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan RPP ini nantinya,  sebagai dasar perencanaan pelaksanaan kebijakan yang baik," ujar Diani Sadiawati, Direktur Analisa Peraturan Perundang-Undangan  Kementerian PPN/Bappenas saat memimpin rapat.

Ketika dimintai tanggapan mengenai RPP ini, sejumlah anggota rapat menggaris bawahi pentingnya penyusunan instrumen koordinasi Peraturan Pemerintah, terutama di tingkat daerah.

“Karena hal ini  yang paling penting bagi pelaksanaannya di lapangan. Adanya tools  yang aman untuk fungsi monitoring, sangat diperlukan,” ujar  Rosmiati Sain, Direktur LBH Apik Makassar.

RPP ini, dibentuk berdasarkan Pasal 94 ayat (4) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. 

Aturan ini sangat diperlukan, mengingat proses hukum pada anak dapat menimbulkan trauma mendalam yang beresiko besar di kehidupannya kemudian. Karena itu,  dalam peradilan pidana yang mereka jalani, diperlukan penanganan berupa langkah pencegahan, administrasi perkara, rehabilitasi dan integrasi sosial yang   menyeluruh.

652

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//