Choose Language
id us

Berita Utama

Kementerian PPN/Bappenas Helat Rapat Tim Kajian Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam bagi Pembangunan Papua

June 30th, 2015 9:59 am


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago membuka Rapat Koordinasi Tim Kajian Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam bagi Pembangunan Ekonomi Papua dan Papua Barat di Kementerian PPN/Bappenas, Senin (29/6). Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Menteri Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan Siti Nurbaya serta berbagai perwakilan dari empat belas Kementerian/Lembaga (K/L).

Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian ESDM,  Kementerian LH dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kejaksaan Agung, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi Kantor Staf Presiden, serta Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat tercatat menjadi anggota Tim Kajian tersebut.

Dalam sambutannya, Menteri Andrinof menekankan pentingnya mengkaji cara mengelola sumber daya alam dengan baik sesuai amanat Keputusan Presiden (Kepres) No. 16 Tahun 2015 tentang Tim Kajian Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam bagi Pembangunan Ekonomi Papua dan Papua Barat. “Pembangunan ekonomi Papua dan Papua Barat mengoptimalkan perolehan manfaat ekonomi bagi negara dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, hukum, dan lingkungan hidup merupakan pesan pokok Kepres tersebut,” tutur beliau.

Menteri Andrinof menegaskan empat pertimbangan utama dalam melaksanakan kajian, yakni sinergi kebijakan pemerintah pusat dan daerah; kondisi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan di Papua; peningkatan penerimaan negara; dan pelaksanaan kewajiban pengelolaan sumber daya alam. “Saya yakin, dalam waktu tiga bulan, kajian tersebut sudah mendekati final,” tukas beliau.

757

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//