Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Kementerian PPNBappenas Gelar Lokakarya Strategi Peningkatan Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin dan Rentan

May 19th, 2015 6:26 pm


Direktur Penanggulangan Kemiskinan menggelar lokakarya Strategi Peningkatan dan Perluasan Pelayanan Dasar Bagi Masyarakat Miskin dan Rentan di Kementerian PPN/Bappenas, Senin (18/5). Acara yang menghadirkan pembicara Guru Besar Universitas Indonesia sekaligus Mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo dan perwakilan sejumlah kementerian tersebut dipandu Direktur Rudy Soeprihadi Prawiradinata.

Dalam paparannya, Direktur Rudy menyebut tiga poin penting dalam membangun birokrasi efektif yang mampu menghadirkan pelayanan kelas wahid bagi masyarakat, yakni tata kelola penyelenggaraan pelayanan dasar yang baik, akses dan kualitas pelayanan dasar yang terjamin, serta pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan. “Kelembagaan birokrasi memegang peranan strategis dalam rangka mewujudkan pelayanan yang baik,” ungkap beliau.

Guru Besar Universitas Indonesia Eko Prasojo menambahkan, ada tiga poin lagi yang dibutuhkan dalam implementasi, yaitu integrasi kebijakan dan linkages atau hubungan struktur birokrasi, penguatan kapabilitas aparatur sipil negara, serta perubahan pola pikir dan budaya pegawai aparatur sipil negara tersebut. “Suatu posisi harus diberikan pada sosok yang paham betul bidangnya, bukan dilihat dari afiliasi politiknya,” papar Eko.

Strategi implementasi yang tepat agar masyarakat miskin dan rentan menikmati pelayanan dasar dapat dijabarkan melalui dua pendekatan. Pertama, pendekatan frontline, atau pendekatan yang meitikberatkan pada mekanisme penyediaan pelayanan dasar yang responsif terhadap permasalahan fasilitas. “Dalam pendekatan ini, umpan balik dari masyarakat sebagai pengguna layanan dasar sangat penting,” ungkap Eko.

Kedua, pendekatan backline, menitikberatkan pada perbaikan aspek kelembagaan, sumber daya manusia, budaya, kebijakan, dan proses bisnis. Kedua strategi tersebut laiknya dijalankan serasi dan selaras agar layanan dasar bagi masyarakat bisa terus ditingkatkan dan diperluas.

876

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//