Berita Utama

Kementerian PPN/Bappenas Bersama Mitra Rayakan Ulang Tahun MCAI Yang Kedua

April 10th, 2015 2:31 pm


(Jakarta, 2/4) Kementerian PPN/Bappenas mengadakan acara Millennium Challenge Account Indonesia (MCAI)Gathering, di Ruang Rapat SG 1-2 Gedung Utama Bappenas, hari Kamis (2/4), dalam rangka memperingati dua tahunnya ditandatangani program hibah Compact Indonesia sebesar 600 juta dolar AS guna mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Hadir dalam acara tersebut Robert O. Blake Jr., Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia; Dana J. Hyde, CEOMillennium Challenge Corporation (MCC); Lukita Dinarsyah Tuwo, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) MCAI; Wismana Adi Surya Brata, Sekretaris MWA MCAI; Bonaria Siahaan, Deputy Executive Director Operations SupportMCAIserta Nina Sardjunani dan Kennedy Simanjuntak selaku anggota alternate MWA MCAI.

MCAI mulai beroperasi pada 2 April 2013. Satu tahun kemudian, para mitra program – MCC, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerin-tah (LKPP) – berhasil membantu membangun MCAI sebagai suatu organisasi, dan hingga tahun kedua telah menyelesaikan tiga rancangan dan rencana kerja tiga proyek.

Pertama, Proyek Kemakmuran Hijau ber-tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil melalui penggunaan energi terbarukan, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi emisi gas-gas rumah kaca, dengan memperbaiki praktik tata guna lahan dan pengelolaan sumber daya alam.

Kedua, Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stunting, yang bertujuan untuk mengurangi dan mencegah kelahiran anak dengan berat badan kurang, anak pendek dan kurang gizi di wilayah kerja proyek, meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penghematan biaya, dan meningkatkan produktivitas dan pendapatan yang lebih baik.

Ketiga, Proyek Modernisasi Pengadaan bertujuan untuk menghemat pengeluaran pemerintah secara signifikan dalam pengadaan barang dan jasa, memastikan kualitas yang sesuai dengan kepentingan publik, serta memastikan ketersediaan jasa publik.

Dalam sambutannya, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan sangat senang atas telah ter-selenggaranya program Hibah Compact dalam kurun waktu dua tahun belakangan. “Kami sangat berbahagia karena kemitraan dengan MCAI berjalan dengan sangat baik. Kami juga sangat berterima kasih karena hingga akhir tahun kedua, kita dapat melaksanakan program ini dengan maksimal,” ungkap beliau.

Lukita berharap program Hibah Compact tersebut  dapat  berlanjut  dan  direplikasi pasca

berakhirnya hibah pada tahun 2018. Untuk itu, komitmen para mitra program juga perlu ditingkatkan. “Kami akan tetap menjaga trust dengan MCAI. Kami  juga akan mengawal dan mengawasi program Hibah Compact sampai mencapai hasil yang memuaskan di tahun 2018,” jelas Lukita Dinarsyah Tuwo.

Dalam kesempatan tersebut, Lukita juga mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia sangat menghargai kemitraan antara Pemerin-tah Indonesia dan AS. “Ini (kemitraan) adalah kunci kesuksesan dari suatu program. Sekecil apapun dana, sangat berguna untuk mening-katkan kesejahteraan masyarakat,” kata beliau.

“Selamat atas kemajuan yang telah kita capai. Semoga dapat melaksanakan tiga tahun yang tersisa dengan sebaik-baiknya, dan memberi-kan manfaat kepada rakyat Indonesia. Atas nama Pemerintah AS, kami ucapkan terima-kasih kepada MWA MCAI dan stakeholders terkait. Semoga Pemerintah Indonesia dapat meningkatkan skala kerjasama di tahun-tahun berikutnya,” pungkas Dana J. Hyde.*

612

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved