Choose Language
id us

Berita Utama

Seminar "Memperkuat Perekonomian Domestik Melalui Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah"

November 7th, 2012 10:04 pm


Bertempat di Hotel Bidakara, Senin, (24/9), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk “Memperkuat Perekonomian Domestik Melalui Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah”. Seminar Nasional ini dibuka langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Armida S Alisjahbana, didampingi oleh Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas, Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, MA. “Acara ini tidak hanya sekedar sosialisasi produk Bappenas. Sinergi pembangunan antara pusat dan daerah merupakan hal penting yang perlu kita lakukan secara bersama-sama”, kata Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam sambutannya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas menambahkan, kondisi ekonomi Indonesia yang masih terjaga dengan baik, tentunya jangan sampai membuat kita terlena. Keberhasilan pembangunan nasional merupakan agregasi dari keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu, sinergi kebijakan melalui forum komunikasi, koordinasi dengan konsultasi antara pusat dan daerah harus terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk menjaga momentum pembangunan. Pemanfaatan APBN dan APBD serta sumber lain yang sah harus benar-benar efektif dalam rangka pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan sesuai dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan. “Perekonomian domestik harus tetap terjaga, “ kata Ibu Armida.

Seminar Nasional ini dalam rangka diseminasi produk-produk perencanaan pembangunan nasional Bappenas dalam upaya untuk meningkatkan kesepahaman pembangunan daerah, demikian dijelaskan oleh Dr. Slamet Seno Adji, MA, Sekretaris Kementerian PPN/Sestama Bappenas, dalam laporan penyelenggaraan seminar. “Diharapkan melalui Seminar Nasional ini ada pemahaman yang baik akan produk Bappenas oleh para peserta yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mencapai sasaran pembangunan nasional”, ujar Sestama.

Selain dihadiri oleh para pejabat eselon dari Bappenas, Seminar Nasional ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang terdiri atas perwakilan Bappeda dari seluruh provinsi di Indonesia, pejabat kementerian/lembaga, akademisi, lembaga penelitian, lembaga profesi dan juga media massa. Bertindak sebagai pembicara dalam acara Seminar Nasional ini adalah, Dr. Prasetijono Widjojo, MA, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas; Prof. Dr. Ir. Deny Juanda P, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat mewakili Gubernur Jawa Barat; Dr. Ir. Arif Budimanta M.Sc, Anggota DPR RI Komisi XI; dan Robert Endi Jaweng, MAP mewakili Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah, (KPPOD).

Peluncuran Handbook untuk Memperkuat Perekonomian Domestik

Dalam acara seminar ini juga diluncurkan Buku Pegangan (Handbook) Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Tahun 2012 – 2013. Buku Pegangan ini mengetengahkan pentingnya membangun kesepahaman tentang dukungan daerah dalam mendorong dan meningkatkan penguatan perekenomian domestik bagi peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat. Keberadaan buku handbook ini dianggap penting untuk peningkatan sinkronisasi perencanaan pusat dan daerah, serta untuk mendorong pencapaian target pembangunan nasional yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2013.

Unduh Buku Pegangan (Handbook) Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Tahun 2012 – 2013.  

570

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//