Choose Language
id us

Berita Utama

PBB dan Indonesia Meluncurkan Pulse Lab Jakarta

November 7th, 2012 10:06 pm


Sebuah gabungan proyek dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui Global Pulse, mengembangkan Lab data baru atau disebut dengan Pulse Lab. Keberadaan Pulse Lab ini telah diresmikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Armida S Alisjahbana, dengan disaksikan oleh Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas, Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas, Ir. Wismana Adi Suryabrata, MIA, Mr. El-Mostafa Benlamlih, UN Resident Coordinator, Mr. Robert Kirkpatrick, Director Global Pulse, pada hari Senin, (01/10), bertempat di Gedung Cyber 2 Jakarta. “Pulse Global ini adalah inisiatif yang sangat baik yang akan memanfaatkan data baru dan teknologi untuk mendeteksi secara real time perilaku populasi yang berubah dalam menanggapi krisis.,” ujar Menteri PPN dalam kata sambutannya. Selain dihadiri oleh Menteri PPN dan Wamen PPN, Direktur Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat, Bappenas, Dr. Vivi Yulaswati, MSc dan Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan, Bappenas, Drs. Oktorialdi MA, Ph.D tampil sebagai pembicara dalam memaparkan Metodology dan Technology Overview dari Pulse Lab Jakarta.

Pulse Lab Jakarta ini merupakan bagian dari inisiatif Global Pulse yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon. Selanjutnya, Pulse Lab ini dikelola melalui sebuah kemitraan antara pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Bappenas dan UN Globe Pulse. Diharapkan, kata Ibu Armida, hasil dari Pulse lab Jakarta ini dapat menjadi model pengetahuan yang baik, yang dapat dibagikan dengan negara lain. Indonesia sendiri merupakan pilot project untuk pengembangan Pulse Lab, yang akan segera disusul di negara Uganda. Untuk pertama kalinya di Asia, Pulse Lab Jakarta menghadirkan para peneliti dari pemerintah, badan PBB, akademisi, dan sektor swasta untuk menguji, mengembangkan, menerapkan pendekatan dalam penggunaan data digital untuk menghadapi tantangan pembangunan. Mr. El- Mostafa Benlamlih, Koordinator Residen PBB di Indonesia, menambahkan bahwa Indonesia adalah negara dengan pendekatan-pendekatan baru dalam pembangunan dapat dilakukan. Negara-negara lain dapat menerima manfaat dari pendekatan yang diambil Indonesia dalam menginovasi penelitian data melalui kemitraan antara sektor swasta dan publik.

UN Globe Pulse
Globe Pulse adalah inisiatif inovasi yang diluncurkan oleh kantor Eksekutif Sekretaris Jenderal PBB, sebagai tanggapan terhadap kebutuhan untuk informasi yang lebih tepat waktu untuk melacak dan memantau dampak krisis sosial-ekonomi global dan lokal. Insiatif Globe Pulse mengeksplorasi bagaimana Big Data dan teknologi terkini dapat membantu para pembuat kebijakan memahami real-time kerentanan yang muncul dalam rangka untuk melindungi masyarakat rentan secara lebih baik. Strategi pelaksanaan yang diterapkan termasuk di antaranya bekerja sama dengan negara-negara anggota PBB untuk meluncukan jaringan ruangan inovasi yang dikenal sebagai “Pulse Lab”.

2807

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//