Choose Language
id us

Berita Utama

Ingin Berkarya di Ibu Kota Negara Yang Baru, Peserta Tes SKD CPNS Bappenas Melonjak Dua Kali Lipat

February 10th, 2020 8:48 am


JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas baru saja selesai melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas yang diselenggarakan di Aula Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Seleksi yang diikuti sebanyak 7.036 orang peserta ini dimulai pada Selasa, 4 Februari dan berakhir pada Jumat, 7 Februari 2020. Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga didampingi Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara Suharmen, dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian PPN/Bappenas Emmy Suparmijatun, membuka secara resmi pelaksanaan tes SKD CPNS Kementerian PPN/Bappenas di hari pertama pelaksanaan.  

Sebagai lembaga perencanaan, Kementerian PPN/Bappenas merupakan perancang atau arsitek pembangunan nasional, salah satunya merancang Ibu Kota Negara yang baru, yang telah ditetapkan Presiden RI Joko Widodo akan berada di Kalimantan Timur. “Saudara-saudara dengan bergabung di Kementerian PPN/Bappenas, nantinya akan berkesempatan untuk mengubah sejarah dan akan memimpin perubahan. Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian PPN/Bappenas yang nanti akan berkarya dan menjadi penduduk Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur,” jelas Sesmen Himawan.

Beliau juga mengapresiasi banyaknya peserta yang mendaftar sebagai CPNS di Kementerian PPN/Bappenas, terlebih lagi dari kaum milenial. “Selamat kepada Saudara sekalian karena berkesempatan mengikuti tes SKD CPNS ini. Saya ikut bangga karena secara umum masih banyak generasi muda kita yang terpanggil dan berminat untuk mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara di Indonesia, khususnya di Kementerian PPN/Bappenas. Saya yakin pilihan saudara tidak salah sama sekali. Ini ada pilihan yang tepat untuk berkarya di Kementerian PPN/Bappenas,” jelas beliau.  

Dari segi kuantitas, terdapat lonjakan peminat yang mendaftar sebagai CPNS di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas. Tercatat pada penyelenggaraan tahun anggaran 2018, terdapat sekitar 6.384  orang  yang mendaftar, dengan peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 5.089 orang. Sementara pada tahun anggaran 2019, peminat yang mendaftar sebanyak 10.009 orang, dengan 9.170 peserta yang lolos seleksi administrasi untuk mengikuti rangkaian tes SKD.

“Sekali lagi saya atas nama Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, yang pada kesempatan kali ini juga ingin menghadiri pembukaaan pelaksanaan tes SKD ini, namun karena kesibukan yang lain, menitipkan kepada saya untuk memberikan pengantar pada pelaksanaan tes ini, dengan harapan semoga tes ini berlangsung dengan baik, tertib dan lancar sehingga dapat menghasilkan calon-calon terbaiknya,” pungkas Sesmen Himawan.

Data Badan Kepegawaian Negara mencatat jumlah peserta SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas ini diikuti 7036 peserta, dengan nilai tertinggi dari formasi umum sebesar 460, formasi cumlaude sebesar 421, formasi putra-putri Papua sebesar 365, serta formasi disabilitas sebesar 356. Selamat kepada peserta yang berhasil melampaui Passing Grade, dan semoga dapat melanjut ke dalam tahap selanjutnya, yaitu Tes Kemampuan Bidang.

584

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//