Choose Language
id us

Berita Utama

Infrastruktur Jadi Fokus Utama Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Maluku Utara

April 13th, 2015 4:42 pm


Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Maluku Utara resmi dihelat pada Jum’at (10/4). Hadir dalam acara tersebut, Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman; Wakil Bupati Halmahera Timur, Muh Din; Sekretaris Daerah Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutihe; Rektor Unkhair Husen Alting dan Ketua IAIN Ternate Abdurrahman Marasabesy.

Via konferensi video, Menteri Andrinof mengimbau pelbagai pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbangprov tersebut untuk menyumbang masukan dalam rangka perumusan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2016. “Ke depan, kita yakin Maluku Utara bisa maju dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menggaris bawahi tiga hal utama terkait pembangunan daerah. Pertama, percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan sarana pendukung agar mampu menyokong kegiatan ekonomi sehingga kesejahteraan rakyat dapat terangkat. Kedua, Sofifi dapat masuk dalam daftar pembangunan kota baru. Ketiga, terkait energi, pengembangan kelistrikan turut menjadi fokus pembangunan. “Ini adalah awal sebuah pembangunan yang kami rasakan,” papar Gubernur Abdul.

Selain Gubernur Maluku Utara, Walikota Ternate Burhan Abdurrahman juga angkat bicara. Walikota Burhan memaparkan pentingnya penanggulangan abrasi pantai, terutama untuk lancarnya proses perdagangan serta dalam rangka  menyambut pembangunan jasa pariwisata tahun depan. Di sektor pendidikan, Rektor Unkhair Husen Alting meminta dukungan Kementerian PPN/Bappenas perihal pendirian fakultas kedokteran di Universitas Khairun, Ternate.

Sekretaris Daerah Halmahera Selatan Helmi Surya menambahkan, prioritas pembangunan juga meliputi eksistensi infrastruktur, khususnya jalan dan jembatan serta dermaga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.  

Infrastruktur jalan untuk daerah transmigrasi juga bagi kelancaran pertambangan juga menjadi fokus paparan Wakil Bupati Halmahera Timur, Muh Din, mengingat wilayahnya merupakan daerah deposit nikel, bauksit, dan tembaga. 

“Pemerintah pusat tentu akan mempercepat untuk pembangunan infrastruktur, khususnya listrik,” tegas Menteri Andrinof. Sebab, menurut beliau, ditinjau dari sisi potensi ekonomi, Maluku adalah daerah dengan sumber daya laut dan darat yang sangat menjanjikan. Lebih lanjut, Menteri Andrinof menekankan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dengan bertanggungjawab demi pembangunan berkelanjutan.

869

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved