Choose Language
id us

Berita Utama

Indonesia - Selandia Baru Pacu 4 Prioritas Kerja Sama Bilateral

April 21st, 2015 12:44 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menerima kunjungan Duta Besar Selandia Baru Trevor Donald Matheson di Kementerian PPN/Bappenas, Jum’at (17/4). Pertemuan tersebut turut dihadiri Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Wismana Adi Suryabrata dan Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Endah Murniningtyas.

Ada 4 fokus pembahasan antara Dubes Trevor dan Menteri Andrinof terkait kerja sama bilateral antar kedua negara. Pertama, soal energi terbarukan, Dubes Trevor mengisahkan perbincangan sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo. “Beliau menunjukkan ketertarikan lebih pada energi terbarukan Selandia Baru, khususnya geotermal,” ujarnya.

Kementerian PPN/Bappenas menegaskan implementasi teknologi geotermal harus sesuai dengan ketersediaan energi di wilayah yang dibidik. Daerah yang disasar juga harus dikategorikan sebagai lokasi yang membutuhkan teknologi tersebut. “Tak hanya geotermal, sumber lain seperti energi angin juga kami telaah,” ungkap Endah.

Kedua, terkait agrikultur dan peternakan, Selandia Baru ingin meningkatkan kerja sama dengan berpedoman pada stabilitas dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, wacana mengekspor sapi hidup Selandia Baru untuk diternakkan di tanah air juga mencuat. “Ini bukan hanya soal mengimpor sapi hidup, tetapi sekaligus melatih peternak,” tutur Dubes Trevor.

Menteri Andrinof mengungkap fakta bahwa Kementerian PPN/Bappenas telah menempatkan agrikultur dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan sebagai prioritas dalam rencana pembangunan Indonesia. “Kami juga akan membangun 100 technopark untuk mengenalkan teknologi di agrikultur,” pungkas beliau.

Ketiga, di bidang pendidikan, Dubes Trevor mengajak masyarakat Indonesia untuk menuntut ilmu di Selandia Baru. Saat ini, program beasiswa untuk negara anggota ASEAN tengah dibuka. Ada 50 beasiswa untuk Indonesia di antara 400-500 pelamar. “Yang patut digaris bawahi dari setaip pembangunan adalah pendidikan, tanpanya kita tak dapat meraih apa-apa,” tandasnya.

Keempat, Selandia Baru juga menekankan pentingnya kerja sama terkait manajemen risiko bencana. Sebelumnya, Dubes Trevor telah bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas lebih lanjut mengenai langkah tanggap bencana.

Selain keempat poin di atas, aspek kerja sama yang juga akan ditingkatkan adalah turisme. Bentang alam tanah air tentu membuat Indonesia memiliki destinasi berlimpah.  “Indonesia punya potensi bagi  ekowisata,” tutup Dubes Trevor.

796

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//