Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Indonesia Luncurkan Pemutakhiran Dokumen Indonesia Biodiversity Strategy and Action Plan 2015-2020

April 27th, 2015 11:25 am


Kementerian PPN/Bappenas bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merilis pemutakhiran dokumen nasional Indonesia Biodiversity Strategy and Action Plan (IBSAP) 2015-2020, Rabu (22/4). Acara peluncuran tersebut sekaligus menjadi agenda peluncuran buku Kekinian Kehati yang menjadi dasar ilmiah dokumen IBSAP.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Endah Murniningtyas menyebutkan dokumen nasional yang menjadi pengganti IBSAP 2003-2020 ini berisi data dan informasi pengelolaan keanekaragaman hayati (kehati) yang lebih lengkap. “Ini dokumen komprehensif yang ringkas, mudah dimengerti dan harus tetap dilaksanakan,” ungkap beliau.

Tantangan utama dalam menyusun dokumen IBSAP tersebut adalah menghimpun limpahan data hasil riset 174 peneliti, juga sejumlah pihak dari kementerian dan lembaga (K/L), serta lembaga swadaya masyarakat. Selain itu, sumber daya masyarakat berkualitas juga menjadi poin yang penting. Pasalnya, meski Indonesia menyandang status mega biodiversity atau negara dengan diversitas yang besar, jumlah peneliti dinilai cukup minim, hanya sekitar 200 orang.

Peran peneliti sangat dibutuhkan untuk menentukan kehati Indonesia sehingga bisa diklaim sebagai aset negara dan dilaporkan ke forum internasional seperti forum Perserikatan Bangsa-bangsa. Selain itu, hasil riset peneliti juga menaikkan prosentase identifikasi flora dan fauna. Maka, aspek pendidikan calon peneliti juga krusial.

Pemerintah juga harus menyiapkan regulasi yang  berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kekayaan kehati Indonesia. Regulasi tersebut juga berlaku bagi pelestarian flora dan fauna. “Jangan sampai mengganggu siklus ekosistem, boleh menjual asal yang ditangkarkan,” tegas Deputi Endah.

Visi terpeliharanya kehati milik Indonesia diwujudkan melalui tiga misi yang mendukung pencapaian pengelolaan kehati 2015-2020, yakni meningkatkan penguasaan kehati Indonesia menjadi milik bangsa, menjadikan kehati sebagai sumber kesejahteraan dan keberlanjutan kehidupan bangsa Indonesia, serta mengelola kehati secara bertanggungjawab demi keberlanjutan kehidupan dunia.

857

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//