Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Indonesia - Italia Tingkatkan Hubungan Erat Lewat Kerja Sama Bilateral

May 15th, 2015 10:37 am


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menerima kunjungan Duta Besar Italia untuk Indonesia Frederico Failla di Kementerian PPN/Bappenas, Rabu (13/5). Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Kepala Perwakilan Alessandro Garbellini, Perwakilan Salini Impregilo Nicola Collela, Perwakilan Trevi Construction Indonesia Diego Uggeni, serta Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Wismana Adi Suryabrata.

Dubes Frederico menjelaskan, menyusul suksesnya kerja sama permesinan antar kedua negara, Italia berniat mempererat hubungan melalui kerja sama di berbagai bidang seperti infrastruktur untuk meningkatkan kualitas pembangunan. Memiliki Venice, Italia percaya diri pengalaman mengontrol arus air melalui infrastruktur mumpuni bisa menjadi pedoman bagi Indonesia untuk meminimalisasi risiko banjir.

Selain infrastruktur dan manajemen risiko bencana, Italia juga memiliki pengalaman perihal kemaritiman, yakni dengan pembangunan tol laut hingga pengawasan dengan radar dan satelit. “Menjaga laut agar aman dari pemancingan ilegal dan ekspolitasi sumber daya juga menjadi prioritas,” ungkap Dubes Frederico.

Menteri Andrinof menyambut baik tawaran kerja sama mengingat ada lima prioritas sektoral dalam rencana pembangunan Indonesia selama 5 tahun ke depan sesuai RPJMN 2015-2019, yakni kedaulatan pangan, kemaritiman, kedualatan energi, industri, serta turisme. “Segala prioritas pembangunan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas ekonomi Indonesia,” ungkap beliau.

Selain pendekatan sektoral, pendekatan regional dan interregional juga menjadi fokus utama. Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk lebih memperhatikan pembangunan di luar Pulau Jawa, melingkupi daerah pedesaan dan wilayah perbatasan, terutama di kawasan Indonesia bagian timur. Meski pembangunan infrastruktur seperti transportasi laut, bandar udara, hingga jembatan dan jalan tergolong vital, Menteri Andrinof menekankan pembangunan harus berdampak positif bagi kualitas hidup masyarakat sekitar.

888

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//