Berita Kerjasama

Indonesia Berkomitmen Capai SDGs dengan Perpres No. 59 Tahun 2017

July 26th, 2017 12:09 pm


JAKARTA – Pembangunan Indonesia sampai saat ini menunjukkan progres dan kemajuan yang signifikan, hal ini terlihat dari tingkat kemiskinan yang terus menurun, yaitu dari 17.75% di tahun 2006 menjadi 10.86% di tahun 2016. Hal ini disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara Review Country Programme Development (CPD) UNDP 2016-2020 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Serbaguna 1-5 Bappenas, pada Rabu (26/7).

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan infrastruktur. Indeks Pembangunan Manusia masyarakat Indonesia menunjukan tren meningkat pada tahun 2015. Percepatan pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan distribusi dan efisiensi yang dapat mengurangi disparitas antar kawasan di Indonesia.

Menteri Bambang mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat global, Indonesia diharapkan dapat berperan aktif dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi serta mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

“Salah satu bentuk komitmen Indonesia dalam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah dengan ditetapkannya Peraturan Presiden nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tanggal 4 Juli yang lalu,” tutur beliau.

Pencapaian target tujuan pembangunan baik di tingkat global maupun nasional memiliki tantangan tersendiri. Dengan berbagai keterbatasan sumber daya dan pendanaan, upaya kolaborasi antar stakeholder yang dibangun di atas landasan “mutual trust”, antara pemerintah, mitra pembangunan, filantropi, dunia usaha, akademisi serta masyarakat harus semakin ditingkatkan. UNDP merupakan mitra pembangunan yang telah bekerja dan mendukung pemerintah dalam mencapai berbagai target pembangunan.

“Saya menyambut baik laporan progres dan capaian kerja sama pembangunan yang dilakukan antara Pemerintah Indonesia dan UNDP, sekaligus menyampaikan apresiasi terhadap dukungan UNDP terhadap pembangunan yang telah dilakukan selama ini. UNDP telah menunjukkan sebagai salah satu mitra pembangunan pemerintah yang terpercaya, atau trusted partner in development,” ujar Menteri Bambang.

3232

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved