Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Indonesia - Amerika Serikat Pererat Kerja Sama Bilateral

May 21st, 2015 2:00 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia bersama delegasi di Kementerian PPN/Bappenas, Kamis (21/5). Kunjungan tersebut guna meningkatkan kerja sama bilateral antar kedua negara sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Terkait target pertumbuhan ekonomi 2015, Menteri Andrinof menjelaskan meski target diprediksi sedikit meleset dari prakiraan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 akibat kondisi ekonomi global dan kebijakan The Fed, namun Indonesia masih optimistis mampu meraih target maksimal. “Indonesia berupaya sebaik mungkin mencapai pertumbuhan yang baik dengan pemanfaatan sumber daya domestik,” ujar beliau.

Prioritas kerja sama USAID dan Indonesia pada periode 2014-2018 diprioritaskan menjadi 4 bidang utama. Pertama, perwujudan tata kelola pemerintahan demokratis dengan memperkuat pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik di wilayah Indonesia Timur. Kedua, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan menurunkan tingginya angka kematian anak dan ibu melahirkan, pengobatan tuberkulosis serta mencegah meluasnya wabah HIV.

Ketiga, pelestarian lingkungan dengan mengatasi penyebab dan dampak perubahan iklim global, mencegah penebangan hutan dan degradasi lahan, meningkatkan terumbu karang serta ketahanan terhadap bencana alam. Keempat, mempererat kolaborasi ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi serta kepentingan global dan regional termasuk Kerjasama Selatan Selatan.

Dubes Robert menanti peran Indonesia dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dengan langkah strategis seperti penggunaan energi terbarukan. “Indonesia, sudah mengadopsi langkah pelestarian lingkungan yang diterapkan baik dalam RPJMN dan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,” pungkas Menteri Andrinof.

901

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//