Choose Language
id us

Berita Utama

Hemat Biaya Pembangunan, Menteri Bambang Dorong LAPAN Sediakan Data Penginderaan Jauh

March 26th, 2019 3:30 pm


JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyambut baik upaya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam mengoptimalkan pengunaan citra satelit untuk pembangunan nasional. “Melalui LAPAN tentunya pemerintah akan terbantu untuk mendapatkan data penginderaan jauh secara multi-misi (optik dan SAR), multi-resolusi (resolusi sangat tinggi, tinggi, menengah, dan rendah), serta multi-temporal. Dengan data penginderaan LAPAN tersebut, pemanfaatan anggaran negara akan menjadi lebih efisien. Biaya pembangunan dapat dihemat karena data dan infomasi tentang tata letak, kondisi lahan, ataupun potensi kerusakan lahan tersedia dan dapat dicek berdasarkan citra satelit,” jelas Menteri Bambang dalam Workshop on Earth Observation with Satellite Imagery, Selasa (26/3).

Merujuk pada agenda SDGs, citra satelit sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan pembangunan di berbagai sektor. Di sektor infrastruktur berguna untuk memetakan wilayah dan kondisi wilayah yang akan dibangun. Di sektor pertanian membantu petani menentukan data luasan tanaman yang berguna bagi prediksi stok pangan. Di sektor kehutanan dapat mencegah illegal logging. Di sektor kemaritiman membantu nelayan mendapatkan tangkapan ikan melalui informasi pergerakan ikan. Citra satelit juga bermanfaat untuk pencegahan bencana, mitigasi bencana, dan tanggap bencana. “Indonesia berada pada ring of fire karenanya perlu dilakukan early warning dan monitoring yang lebih detail dan aktual, sehingga dampak yang terburuk dapat diatasi dan itu semua akan terbantu dengan pemanfaatan citra satelit,” ujar Menteri Bambang.   

Berdasarkan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012 dan Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan, LAPAN harus menyediakan data citra satelit penginderaan jauh dan kebutuhan nasional. LAPAN juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi mutakhir di era disrupsi sekarang ini. Kemampuan adaptasi ini penting dan dapat ditempuh melalui kegiatan riset untuk mendorong inovasi dalam konteks penyediaan dan distribusi data digital yang lebih cepat, mudah, dan akurat. Dengan menggunakan inovasi teknologi pengumpulan data citra satelit, LAPAN dapat menyediakan data bervariasi untuk dipasok ke berbagai pihak yang memerlukan dan berkepentingan.

238

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved