Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Prioritas RPJMN 2010-2014 Bidang Hubungan Luar Negeri

December 14th, 2009 2:12 am


Pelembagaan demokrasi dan peningkatan diplomasi dan kerjasama internasional menjadi prioritas bidang dalam Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 bidang politik sub bidang hubungan luar negeri. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Politik dan Komunikasi Bapenas Dra. Rd. Siliwanti, MPIA, kemarin Senin (12/11) pada Seminar Kajian tentang hubungan luar negeri di Ruang Rapat SG-5 pukul 10.00 WIB – selesai.

Seminar kajian dihadiri oleh perwakilan Departemen Luar Negeri dan menampilkan pembahas Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia Makmur Keliat.

Ada beberapa fokus bidang pembangunan politik yang dipaparkan oleh Ibu Siliwanti. Fokus prioritas bidang pelembagaan demokrasi yaitu; pertama, peningkatan iklim kondusif bagi perkembangan kebebasan sipil dan hak-hak politik rakyat; kedua, peningkatan akuntabilitas lembaga demokrasi; dan ketiga, peningkatan peran informasi dan komunikasi.

Selanjutnya fokus prioritas bidang peningkatan diplomasi dan kerja sama internasional meliputi: pertama, peningkatan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN. Kedua, peningkatan peran Indonesia dalam menjaga keamanan dan perdamaian dunia. Ketiga, pemantapan diplomasi perbatasan, keempat, peningkatan pelayanan dan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) di luar negeri. Kelima, peningkatan peran Indonesia dalam pemajuan demokrasi, HAM, dan lingkungan hidup. Keenam, pemantapan kemitraan strategis di kawasan Asia Pasifik dan Afrika (Aspasaf) dan Amerika Eropa (Amerop); ketujuh, peningkatan pelaksanaan diplomasi ekonomi; dan kedelapan, peningkatan kerjasama Selatan-Selatan.

Dalam paparan tersebut disampaikan juga bahasan peningkatan pelaksanaan diplomasi ekonomi dalam diplomasi perdagangan diarahkan untuk membuka, memperluas dan mencari peluang pasar-pasar non-tradisional baru dengan penyelenggaraan kerja sama bilateral di kawasan Aspasaf khususnya di kawasan Sub Sahara Afrika.

Strategi yang akan dijalankan untuk mencapai sasaran tersebut pertama, meningkatkan kinerja diplomasi yang memadai dan tangguh agar dapat memenangkan setiap pertarungan pemikiran dan gagasan, dan secara sistematis memantapkan posisi Indonesia untuk mendorong tata hubungan internasional yang lebih adil. Kedua, meningkatkan koordinasi dengan pemerintah dan pemerintah daerah; ketiga, memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan di tanah air; keempat, menjaga dan memelihara pencapaian bidang hubungan luar negeri yang telah diraih; kelima, memperkuat dan meningkatkan kualitas kelembagaan yang memberikan pelayanan dan perlindungan bagi WNI dan BHI di luar negeri. Keenam, memperkuat dan meningktakan citra Indonesia; ketujuh, memfasilitasi promosi potensi Indonesia; dan kedelapan, memberikan bantuan kepada negara-negara di kawasan Selatan melalui mekanisme kerjasama teknis. (Humas)

1242

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2021 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//