Berita Pembangunan

Dukung Wujudkan Bappenas Yang Bersih Rekanan Ikut Teken Pakta Integritas

January 20th, 2015 11:24 am


(Jakarta, 20/1) Biro Umum Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan acara Penandatanganan Pakta Integritas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Biro Umum Kementerian PPN/Bappenas Tahun Anggaran 2015, pada hari Selasa (20/1) di Ruang Rapat SS 1-2 Bappenas.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Umum, Ir. Wisnu Utomo, M.Sc, dan Inspektorat Bidang Administrasi Umum, Daryanto, Ak, MIS, MComm, Gdip.Com, QIA, CA, serta keempat belas mitra Bappenas pemenang lelang.

“Saya mendapat arahan dari Pak Daryanto bahwa integritas dari mitra Bappenas pemenang lelang harus dijaga dan bahkan ditingkatkan. Untuk itu, kami mengundang mitra Bappenas untuk menandatangani Pakta Integritas,” ungkap Wisnu Utomo.

Adapun isi dari Pakta Integritas tersebut adalah: (1) tidak melakukan komunikasi yang mengarah kepada Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme; (2) tidak melakukan praktek Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme; (3) tidak memberi sesuatu yang berkaitan dengan Pelaksanaan Peng-adaan Barang/Jasa Pemerintah yang dapat dikategorikan sebagai suap dan/atau gratifikasi; (4) melaporkan kepada pihak yang berwajib/berwenang apabila mengetahui ada indikasi Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme.

Kepala Biro Umum mengatakan bahwa Bappenas harus turut serta dalam mewujudkan Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, dengan cara mendukung penindakan maupun pencegahan korupsi yang menghasilkan detterence effect dalam jangka panjang.

“Para rekanan mitra Bappenas jangan tergoda dengan korupsi yang mencederai kebaikan yang sudah dibangun dari awal,” kata Wisnu Utomo.

Disebutkan dalam Pakta Integritas, apabila rekanan mitra Bappenas melanggar hal tersebut, mereka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kemudian, Daryanto mengatakan bahwa beliau bangga dengan pelaksanaan penandatanganan Pakta Integritas tersebut yang merupakan kali pertama dilakukan oleh Kementerian/ Lembaga.

“Hal ini akan saya bawa dan share ke Kementerian/Lembaga bahwa Bappenas memiliki Pakta Integritas dengan mitra Bappenas. Hal ini mungkin pertama kali dilakukan di lingkungan Kementerian/ Lembaga,” jelas Daryanto.

Daryanto menyatakan bahwa Inspektorat Bappenas tidak mungkin akan me  nyusahkan mitra Bappenas, namun yang dilakukan Bappenas ke depan adalah meningkatkan integritas guna mendukung pemberantasan korupsi.

“Mohon direnungkan, integritas tidak cukup hanya sekadar jujur. Harus ada daya juang untuk memberikan nilai yang lebih sempurna dan memiliki karakter karena melakukan kebaikan secara terus menerus,” ungkap Daryanto.

Oleh karena itu, menurut Daryanto, apabila mitra Bappenas diminta untuk mengadakan barang dengan spesifikasi tertentu, maka mereka harus siap untuk menyediakan barang sesuai spesifikasi yang diminta; dan apabila ada keuntungan yang diambil, maka harus disebutkan secara tertulis.*

800

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved