Choose Language
id us

Berita

Cross Check Pencapaian Pembangunan Nasional: Pengembangan Kewirausahaan

September 6th, 2016 12:37 pm


JAKARTA – Pada hari kedua Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Roni Dwi Susanto melakukan kunjung lapang lanjutan Cross Check pencapaian pembangunan nasional RPJMN 2015-2016 ke Balai Pemuda dan Olahraga Provinsi DI Yogyakarta, Selasa (6/9).

Kunjungan disambut oleh Kepala Badan Pemuda Olahraga Provinsi DI Yogyakarta Edy Wahyudi, Kepala Seksi Pemuda Latanggang dan Staf Seksi Pemuda Suyamto. Selain melakukan kunjungan, Deputi PEPP juga melakukan diskusi bersama BPO dan Bappeda DI Yogyakarta untuk membahas topik pengembangan kewirausahaan pada Provinsi DI Yogyakarta.

“Ada beberapa hal yang kami ingin ketahui mengenai kewirausahaan, khususnya didaerah Yogyakarta. Saya ingin melihat bagaimana keterlibatan masyarakat, khususnya pemuda dalam berwirausaha, bagaimana efektivitas pelaksanaan program kewirausahannya, serta bagaimana peran BPO terkait dengan kewirausahaan,” tegas Deputi PEPP Roni Dwi Susanto.

Kepala BPO Provinsi DI Yogyakarta Edy Wahyudi  menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan seorang wirausaha saat mereka akan melakukan wirausaha. Tahap-tahap tersebut dilakukan agar pertumbuhan jumlah wirausaha baru bertambah, serta target dan capaian di tahun 2015-2016 akan memenuhi target.Adapun tahap-tahap yang dilakukan berasal dari dana APBD.

“Ada beberapa tahapan atau pola yang saya terapkan dalam melakukan wirausaha, pertama saya akan melakukan sosialisasi, setelah itu diadakan diklat keterampilan pada pemuda-pemuda yang ingin berwirausaha yang kemudian dilanjutkan dengan pemagangan, pemberian dana pendampingan berupa barang dan bahan bagi wirausahawan dan pendampingan. Untuk promosi usaha, kami menyediakan stan pameran untuk memasarkan hasil-hasil wirausaha. Terakhir adanya pengembangan inovasi bisnis yang dilombakan. Dan sejauh ini dengan pola yang diterapkan target sebesar 30% sudah tercapai,” jelas Edy.

Deputi PEPP memberi apresiasi kepada Kepala BPO DI Yogyakarta Edy Wahyudi atas pola yang diterapkan BPO dalam melatih pemuda untuk berwirausaha. Seperti penerapan lomba inovasi dan sosialisasi yang dirasa penting untuk dimiliki seluruh wirausahawan yang akan melakukan wirausaha.Namun, Deputi PEPP memberikan masukan kepada Kepala BPO untuk dapat menanyakan kepada mereka pelaku wirausaha, adakah dari mereka yang gagal saat berwirausaha saat  menerapkan pola ini.

“Saya berharap dengan pola yang dilakukan tersebut, pemuda-pemuda di Provinsi Yogyakarta dapat mengembangkan kewirausahaannya dan target tahun 2015-2016 dalam pengembangan kewirausahaan dapat tercapai. Selain itu, keberhasilan serta inovasi yang telah dilakukan dalam pengembangan kewirausahan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama mereka yang ingin berwirausaha,” papar Deputi PEPP Roni.

Akhir diskusi Deputi PEPP juga melakukan kunjungan ke salah satu penerima bantuan wirausaha muda dari BPO DIY di daerah Sleman. Beliau melakukan diskusi mengenai usaha yang dimiliki oleh penerima bantuan yang berupa ternak ikan lele.

1108

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//