Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Cegah Perubahan Iklim, Bappenas Lanjutkan Kerja Sama dengan Pemerintah Jepang

March 5th, 2018 4:31 pm


JAKARTA – Dalam upaya penanganan perubahan iklim, Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang (MoEJ) menyelenggarakan Simposium dengan tema “Climate Change Adaptation Initiative in Indonesia: Science to Policy”, di Sari Pan Pacific Hotel, pada Senin (5/3). Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kebijakan adaptasi perubahan iklim melalui penguatan dan implementasi kajian berbasis sains, dimana perencanaan adaptasi perubahan iklim merupakan upaya preventif terhadap dampak perubahan iklim melalui pembangunan model- model dan proyeksi- proyeksi yang ilmiah.

Dalam sambutan pembuka, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Gellwynn Jusuf mengatakan untuk memperkuat pelaksanaan adaptasi perubahan iklim, saat ini Pemerintah Indonesia sedang dalam proses kaji ulang RAN-API untuk mempertajam proyeksi iklim dan potensi dampaknya pada tahun 2045, serta pada saat bersamaan untuk menilai risiko dan dampak perubahan iklim. Hasil kajian ini kemudian dapat digunakan sebagai acuan untuk persiapan RPJMN Tahun 2020-2025, baik dengan pendekatan regional maupun sektoral.

Selanjutnya, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas bersama dengan Vice Minister of Global Environment MoEJ Yasuo Takahashi melakukan penandatanganan kesepakatan. Letter of Intent (LoI) ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan pada Maret 2016 lalu untuk melaksanakan kerjasama penilaian dampak perubahan iklim untuk perencanaan adaptasi di Indonesia. “Kerjasama Kementerian PPN/Bappenas dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang akan berlanjut pada implementasi fase kedua pada tahun ini. Saya berharap kerjasama ini akan menghasilkan masukan yang bermanfaat untuk kebijakan perencanaan dan program adaptasi di Indonesia,” tutur Gellwynn.

Acara ini terbagi ke dalam tiga sesi. Pada sesi talkshow, pembicara yang hadir: (i) Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto; (ii) Director for Research and Information Office/Climate Change Adaptation Office Global Environment Bureau MoEJ Masanobu Kimura; (iii) Perwakilan Bappeda Provinsi Sumatera Utara Hasmirizal Lubis; (iv) Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur Toni Indrayanto; dan (v) Perwakilan Bappeda Provinsi Bali Ngurah Bagus Gede.

Pada sesi diskusi pertama, pembicara yang hadir: (i) Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Medrilzam; (ii) Koji Kumamaru dari Climate Change Adaptation Spesialist MoEJ; dan (iii) Kensuke Fukushi dari University of Tokyo. Sementara pada sesi diskusi kedua, hadir: (i) Utoyo Ajie Linarka dari Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG; (ii) Ibnu Sofyan dari BIG; dan (iii) Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Dodo Gunawan.

1405

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2018 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved