Berita

Workshop RPJMN IPTEK 2010-2014

November 30th, -0001 12:00 am


Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Dr. Slamet Seno Adji, MA., membuka Workshop RPJMN IPTEK 2010-2014, pada Rabu (22/10), pukul 09.00 WIB, di Jakarta.

Workshop yang diselenggarakan oleh Direktorat Industri, IPTEK, dan BUMN Bappenas tersebut, berisi pemaparan dan diskusi kerangka awal naskah akademik RPJM IPTEK 2010-2014, dan menghadirkan Direktur Industri, IPTEK, dan BUMN Bappenas Dr. Ir. Mesdin Kornelis Simarmata, MSc., sebagai pemakalah, Wakil Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim sebagai pembahas, dengan moderator Dr. Dudi Hidayat dari Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK, LIPI.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Ekonomi Bappenas mengatakan bahwa Sistem Inovasi Nasional (SIN) yang berdasarkan UU No. 18 tahun 2002 adalah hubungan yang saling memperkuat antar unsur penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan IPTEK dalam satu keseluruhan yang utuh.

"SIN bertujuan memperkuat daya dukung IPTEK bagi keperluan mempercepat pencapaian tujuan bernegara serta meningkatkan daya saing dan kemandirian. SIN, terdiri dari unsur-unsur: (1) kelembagaan IPTEK yang terdiri dari perguruan tinggi, lembaga litbang, badan usaha, dan lembaga penunjang; (2) sumberdaya IPTEK, yaitu keahlian, kepakaran, kompetensi manusia dan pengorganisasiannya, kekayaan intelektual, serta sarana dan prasarana IPTEK; dan (3) jaringan IPTEK, yang berfungsi membentuk jalingan hubungan interaktif yang memadukan unsur-unsur kelembagaan iptek untuk menghasilkan kinerja dan manfaat uang lebih besar dari keseluruhan yang dapat dihasilkan oleh masing-masing unsur kelembagaan secara sendiri-sendiri," kata Dr. Slamet Seno Adji, MA

Sementara itu dalam makalahnya, Dr. Ir. Mesdin Kornelis Simarmata, MSc., menjelaskan bahwa dalam rangka pembangunan ekonomi berbasis pengetahuan diperlukan penerapan IPTEK secara luas dalam sistem produksi barang dan jasa, pembangunan pusat-pusat keunggulan IPTEK, pengembangan lembaga penelitian yang handal, serta pengakuan terhadap hasil temuan dan hak atas kekayaan intelektual. Pada dasarnya, kegiatan pembangunan IPTEK tersebut diarahkan untuk menciptakan dan menguasai IPTEK yang dapat menghasilkan teknologi, memanfaatkan teknologi hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan, serta mendukung pemenuhan kebutuhan di semua bidang kebutuhan.

"Industri di Indonesia sekarang ini adalah berbasis pada agroindustri, karena itu sangat diperlukan adanya peningkatan sumberdaya manusia terutama para peneliti di bidang agroindustri," tambah Dr. Ir. Mesdin Kornelis Simarmata, MSc.

Prof. Dr. Lukman Hakim menambahkan bahwa perlu efektivitas, efisiensi, serta startegi dan fokus dalam melakukan kebijakan IPTEK di Indonesia. "Apakah kita fokus pada hi-tech, contohnya pembuatan pesawat terbang, atau fokus pada agroindustri. Pengalaman Jepang perlu dijadikan referensi dalam membangun IPTEK. Selain itu, akibat rendahnya otonomi dalam sistem perencanaan dan penganggaran nasional merupakan salah satu kendala dalam percepatan IPTEK," tambah Prof. Dr. Lukman Hakim.

Hadir pula dalam workshop tersebut, Tenaga Ahli Bidang Kajian Startegis Kebijakan dan Kelembagaan Pembangunan Bappenas, Prof. Dr. Mustopadidjaja, AR; Kepala Biro Humas dan TU Pimpinan Bappenas, Dr. Ir. Maruhum Batubara, MPA.; Direktur Keuangan Negara Bappenas, Dr. Ir. Leonard VH Tampubolon, MA; Direktur Jasa Keuangan dan Analisis Moneter Bappenas, Ir. Sidqy Lego Pangesthi Suyitno, MA.; dan Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerjasama Ekonomi Internasional Bappenas, Drs. Adhi Putra Alfian, MSi., serta dihadiri oleh pejabat-pejabat dari kementerian/lembaga non departemen di bidang riset, teknologi dan pendidikan.

1396

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2018 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved