Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Bappenas Terima Kunjungan Advance Command And Staff Course (ACSC), Defence Academy, Inggris

June 9th, 2015 4:24 pm


Pada hari Senin (8/6) Direktorat Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas menerima kunjungan para peserta Angkatan ke-19 Advanced Command and Staff Course (ACSC), Defence Academy, Inggris, yang merupakan perwakilan mahasiswa dari 10 negara di wilayah Eropa Barat, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Keduapuluh peserta tersebut didampingi Atase Pertahanan Kolonel Adrian Campbell-Black, dan beberapa staf dari Defence Section Kedutaan Besar Inggris.

Kunjungan pada tahun ini merupakan kali kedua setelah Inaugural Visit oleh Royal College of Defence Studies (RCDS) Defence Academy pada awal tahun 2014. Tujuannya adalah untuk mempelajari hubungan sipil-militer di Indonesia, serta mengetahui bagaimana lingkungan kawasan berpengaruh terhadap kebijakan pertahanan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Pengembangan Keamanan, Martin Nurhusin, SH, M.Hum. menyampaikan materi terkait dinamika perencanaan pembangunan kapasitas pertahanan pasca-Reformasi menuju Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Force) pada tahun 2025, berikut dengan peluang dan tantangannya.

“Pengembangan militer di Indonesia diselaraskan dengan Visi maritim Presiden Joko Widodo, khususnya komitmen untuk menjadikan TNI sebagai salah satu kekuatan maritim regional yang disegani di kawasan Asia Timur,” jelas Martin.

Tema maritim yang memang menjadi fokus dari studi lapangan tahun ini cukup mendominasi jalannya diskusi selama kurang lebih 1 jam. Ketertarikan peserta juga ditunjukan saat membahas persepsi ancaman keamanan Indonesia yang mulai bergeser dari inward-looking menjadi outward-looking, serta modernisasi alutsista yang tengah dijalankan secara intensif oleh TNI untuk meningkatkan kapabilitas kekuatan laut dan udara. 

Lebih jauh mengenai program, ACSC berlokasi di Shrivenham, sebelah barat ibukota London, berdurasi selama 46 minggu, serta melibatkan kuliah lapangan di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia, disamping studi banding ke institusi-institusi pertahanan dan kebijakan publik di Inggris. Adapun pengelola program merupakan bagian dari Joint Services Command and Staff College (JSCSC).

Di luar ACSC, JSCSC menyelenggarakan kursus-kursus lain dengan total 39 kursus untuk berbagai tingkatan dan program studi, seperti Komando, Kepemimpinan dan Manajemen, Manajemen Strategi dan Kebijakan Pertahanan, Konflik dan Sistem Internasional, serta Efek Global terhadap Pertahanan. Tujuan pendidikan ini adalah menyiapkan staf militer dan sipil untuk posisi senior, dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan analitis, pengambilan keputusan dan komunikasi melalui studi militer, pertahanan, politik dan hubungan internasional. Sertifikasi ACSC diakui oleh King’s College London (KCL) yang setara dengan gelar pasca-sarjana pada bidang studi pertahanan dan/atau studi militer.

Sebagai bagian dari kurikulum ACSC, kunjungan serupa ke Indonesia diharapkan akan terus dilakukan pada tahun-tahun yang akan datang guna mendorong kerjasama dengan Pemerintah Indonesia di bidang pertahanan keamanan, dan terlebih demi mewujudkan kestabilan internasional.

749

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//