Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Bappenas Selenggarakan Seminar Peran Nilai-Nilai Agama Dan Tokoh Agama Dalam Gerakan Revolusi Mental Untuk Reorientasi Pembangunan Ekonomi

June 24th, 2015 12:40 pm



Siaran Pers

JAKARTA – Dalam rangka pelaksanaan prakarsa strategis (Pragis) 2015, Kementerian PPN/Bappenas pada hari Rabu (24/6) menyelenggarakan seminar sebagai titik awal dilaksanakannya kajian dengan tema “Peran Nilai-Nilai Agama dan Tokoh Agama dalam Gerakan Revolusi Mental untuk Reorientasi Pembangunan Ekonomi”.

“Agama secara tekstual memiliki nilai, sumber makna, dan prinsip yang dapat menjadi pegangan dan rujukan bagi manusia untuk menghadapi globalisasi dan modernisasi, dimana nilai tersebut diinternalisasikan dalam aktivitas kehidupan sosial dan ekonomi. Dalam konteks Indonesia, peran nilai agama yang disebarkan oleh tokoh agama mendorong aktivitas dan pembangunan ekonomi secara mendalam, khususnya dalam bentuk kebijakan dan strategi pembangunan di berbagai bidang,” jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago dalam sambutannya.

Agenda Revolusi Mental yang diusung oleh Presiden Joko Widodo sesungguhnya untuk membangkitkan kesadaran bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan untuk mencapai prestasi tinggi. “Revolusi Mental sejatinya merupakan upaya mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan kemodernan, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang unggul dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” tambah beliau.

Kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih dihadapkan pada sejumlah tantangan dan hambatan. Untuk terus maju dan berkembang, pembangunan ekonomi Indonesia perlu didukung dari berbagai bidang, termasuk daya dukung dari ajaran nilai agama, antara lain, bagaimana peran agama melalui nilai agama dan tokoh agama ikut serta dalam pembangunan ekonomi yang membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Seminar ini dilakukan dalam upaya untuk menemukenali secara mendalam hal-hal mendasar terkait pentingnya peran nilai-nilai agama dan tokoh agama dalam Gerakan Revolusi Mental untuk reorientasi pembangunan ekonomi. Seminar ini menghadirkan narasumber, antara lain: (a) Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, S.E., M.A dengan topik “Pembangunan Ekonomi Inklusif”; (b) Fachry Ali, MA dengan topik “Nilai-Nilai Agama dan Etika Pembangunan Ekonomi”; dan (c) Ir. KH. Salahuddin Wahid dengan topik “Peran Tokoh Agama dalam Gerakan Revolusi Mental untuk Reorientasi Pembangunan Ekonomi”.

Rencana tindak lanjut dari seminar awal ini adalah penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang para pakar dan tokoh sesuai dengan bidangnya masing-masing, antara lain, dari kalangan akademisi, praktisi ekonomi, dan tokoh agama, baik di pusat maupun di daerah. Dari kajian Pragis 2015 ini, diharapkan dapat disusun rekomendasi kebijakan lintas sektoral untuk penguatan dan peran semua sektor dalam internalisasi dan transformasi nilai-nilai agama dan peran tokoh agama dalam Gerakan Revolusi Mental untuk reorientasi pembangunan ekonomi.

 

Jakarta, 24 Juni 2015

 

Thohir Afandi

Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan

Kementerian PPN/Bappenas

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas

Jl. Taman Suropati No. 2 Jakarta 10310

Telepon (021) 31936207, 3905650; Faksimile (021) 3145374

Email: humas(at)bappenas.go.id

493

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//