Choose Language
id us

Berita Utama

Bappenas Gelar Seminar Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah 2014

November 11th, 2014 3:45 pm


Kementerian PPN/ Bappenas me­nyeleng­garakan Seminar Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah di 33 Provinsi, di Ruang SG 1-2 Gedung Bappenas, Selasa (11/11). Hadir dalam seminar ini Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan Bappenas Dr. Ir. Edi Effendi Tedjakusuma, MA dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Tanah Air.

Menteri PPN mengatakan bahwa sebagai stakeholder utama dalam pembangunan dan menjadi bagian yang berperan dalam isu luas siklus yang turut berputar ini, peserta seminar harus memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya. “Evaluasi merupakan tahapan akhir sekaligus sebagai tahapan awal dalam siklus kebijakan publik. Tentu saja hasil evaluasi kinerja pembangunan daerah yang diseleng­garakan dan melibatkan stakeholder dari daerah, perguruan tinggi dan juga Bappeda akan menjadi bahan masukan dalam menyempurnakan atau menyusun rencana pembangunan berikutnya,” kata Menteri Andrinof.

Sebagai center of excellence di daerah masing-masing, perguruan tinggi dapat menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi dalam proses pembangunan, khususnya evaluasi kinerja pembangunan daerah (EKPD) yang dilaksanakan bersama Bappenas. Bentuknya antara lain dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM daerah dan nasional; memberikan masukan, saran dan rekomendasi, khususnya ide-ide/inovasi baru berdasarkan analisis kinerja pembangunan daerah; ikut serta dalam berbagai tahapan proses pembangunan yang akan mempercepat pembangunan yang berkualitas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Menteri Andrinof, untuk menuju Indonesia yang lebih baik caranya dalam mengejar peningkatan daya saing, meningkatkan kualitas manusia, termasuk melalui pembangunan mental, memanfaatkan dan mengembalikan potensi yang hilang di sektor maritim dan kelautan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan basis yang kuat dan berkualitas, mengurangi ketimpangan antar wilayah, memulihkan kerusakan lingkungan dan memajukan kehidupan bermasyarakat.

“Membangun tanpa meningkatkan ketimpangan antarwilayah, memanfaatkan SDA untuk kemakmuran rakyat, mem­ba­ngun dari pinggir dan dari desa, orientasi ekonomi berbasiskan pada sektor atau jenis usaha dengan nilai tambah yang besar serta pembangunan daerah yang berkualitas merupakan dasar-dasar strategis pembangunan nasional yang berkualitas,” pungkasnya.

Sementara Dr. Edi Effendi menyebutkan, Seminar Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah adalah bagian dari penyelenggaraan evaluasi kinerja pembangunan daerah yang sudah di mulai sejak 2006. Evaluasi ini  dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran kira-kira penyelenggaraan atau pelaksanaan capaian-capaian kinerja pembangunan daerah, khususnya target-target atau sasaran pembangunan itu apa saja untuk daerah. “Biasanya untuk di awal kami mulai dengan menyusun rencana bersama-sama dengan universitas. Kami dalam hal ini Bappenas bekerja sama dengan 33 universitas negeri di masing-masing provinsi. Dan insya Allah tahun depan akan jadi 34 universitas dengan bergabungnya Kalimantan Utara,” ujar Dr. Edi.

Dalam seminar ini hadir tiga rektor sebagai pembicara, yaitu Prof. Dedi dari Universitas Andalas, Prof. Aulia Tasman dari Universitas Jambi, dan Prof. Soleh Hidayat dari Universitas Banten. Sedangkan yang lain adalah tim dari masing-masing universitas. Dalam diskusi ini diundang juga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kementerian/Lembaga (K/L).

Setelah acara seminar, masing-masing universitas akan dibagi menjadi enam kelompok  yang kemudian akan memaparkan hasil evaluasi yang telah dicapai selama satu tahun ini. Yang akan dipaparkan adalah bagaimana pencapaian kinerja pembangunan nasional di daerah masing-masing. Isu-isu permasalahan yang akan dihadapi akan dianalisis lalu mengidentifikasi isu strategis dari masing-masing provinsi. Hasilnya nanti akan dipakai sebagai masukan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019. (*)

1133

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//