Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Bambang: Mahasiswa Perlu Kuasai Tiga Hal

September 3rd, 2016 10:35 am


JAKARTA - Mengawali kuliah umum di kampus Universitas Brawijaya (UB), Malang pada Sabtu (3/9) - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro menekankan mahasiswa pascasarjana jangan hanya menargetkan kelulusan saja atau meraih gelar akademik, tetapi dituntut memiliki pengetahuan akademis yang baik.

”Sebagai mahasiswa pascasarjana harus mengedepankan wawasan akademis agar dapat banyak berkontribusi untuk negara, tidak hanya menargetkan kelulusan saja dan mendapat gelar magister atau doktor,” tutur Menteri Bambang dalam pidatonya.

Menteri Bambang juga menyampaikan salah satu tantangan bangsa Indonesia adalah globalisasi. Namun ada tiga hal yang harus dikuasai mahasiswa untuk memenangkan persaingan di era global saat ini antara lain penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), memperkuat ketahanan budaya bangsa, dan kemampuan nasional untuk memanfaatkan peluang.

Kemudian implikasi globalisasi adalah meningkatnya persaingan antar bangsa yang terlihat pada aspek ekonomi, keuangan, dan perdagangan. Sehingga menurut Menteri Bambang hanya bangsa  berdaya saing tinggi yang mampu memenangi persaingan global.

“Agar kita mampu menghadapi kompetisi antarbangsa yang makin ketat, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali berupaya meningkatkan daya saing Indonesia yang masih tertinggal dan berada di bawah negara-negara yang sudah maju,” tegas Menteri Bambang di depan para Civitas Akademika UB dan mahasiswa baru pascasarjana.

Indonesia akan mampu bertahan dalam persaingan global jika kualitas sumber daya manusia  termasuk tenaga kerja terus mengalami peningkatan. Penguatan jiwa entrepreneurship, sifat inovatif, berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko merupakan semangat yang harus dikembangkan di masa mendatang. Selain itu perlunya menciptakan SDM dan iklim usaha yang makin kondusif  untuk meningkatkan peran masyarakat secara luas dalam pembangunan termasuk ekonomi.

Menteri Bambang juga menambahkan hal yang tak kalah penting saat ini yaitu perbaikan tata kelola pemerintahan. “Untuk mewujudkan bangsa yang maju, kita harus punya komitmen kuat untuk mengelola pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip good governance,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, ia berpesan agar mahasiswa harus selalu menjadi yang terbaik dalam hal apapun, dengan mengutip pernyataan terkenal mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, “Jangan tanyakan apa yang negara bisa berikan buat kamu tapi nyatakan apa yang bisa kamu lakukan untuk negara.”

Setelah memberi kuliah umum di UB, Menteri Bambang diajak untuk meninjau proyek pembangunan rumah sakit UB yang saat ini masih dalam proses pengerjaan. Dalam kunjungan tersebut Menteri Bambang didampingi Rektor UB Mohammad Bisri, para pejabat UB lainnya, serta Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur RB Fattah Jassin dan staf Bappeda Provinsi Jawa Timur.

1164

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//