Berita Utama

Anugerah Indonesian SDGs Awards Dorong Komitmen Pelaku Usaha Capai SDGs

September 14th, 2017 4:17 pm


JAKARTA – Setelah ditetapkannya Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada bulan Juli 2017, saat ini pemerintah Indonesia tengah fokus untuk menyelesaikan penyusunan Rencana Aksi Nasional (RAN) lima tahun pertama untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) Indonesia dalam waktu enam bulan, serta penyusunan Roadmap dan Rencana Aksi Daerah dalam waktu 12 bulan. Hal ini disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Malam Anugerah Indonesian SDGs Awards (ISDA) tahun 2017, yang diselenggarakan di SMESCO Convention Hall Jakarta, pada Kamis (14/9).

Menteri Bambang menyambut baik diselenggarakannya Anugerah Indonesian SDGs Awards (ISDA) tahun 2017. Melalui penghargaan anugerah ini diharapkan menjadi motivasi bagi para pelaku usaha untuk terus meningkatkan proses produksi dan konsumsi dalam usaha yang lebih sehat dan bersih, sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Pemberian Anugerah Indonesian SDGs Awards malam ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendorong dan membangun komitmen bersama dari para pelaku usaha dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs),” ujar Menteri Bambang.

Pemerintah maupun pelaku usaha, filantropi, organisasi kemasyarakatan, dan perguruan tinggi/akademisi dapat berkontibusi nyata dalam program/aksi-aksi yang mendukung pencapaian SDGs. Dengan demikian, prinsip inklusif dan partisipatif dalam pelaksanaan SDGs menjadi kunci utama dalam pencapaian target-target SDGs nasional. Langkah berikutnya yang juga penting adalah mengkomunikasikan dan memberikan pemahaman kepada publik atas aksi-aksi dalam SDGs dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Bambang menambahkan, Pemerintah akan mengembangkan insentif bagi para pelaku yang berprestasi dalam pelaksanaan SDGs, maka pemerintah akan memformulasikan mekanisme, standar, dan kriteria yang obyektif dan dapat disepakati oleh semua pihak untuk memberikan penghargaan atas kontribusi dalam pencapaian target-target SDGs.

“Pencapaian pelaksanaan SDGs merupakan tolak ukur tercapainya agenda pembangunan nasional. Oleh karena itu, arahan Bapak Presiden agar pelaksanaan SDGs menjadi sebuah gerakan masyarakat Indonesia untuk mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan,” tutup Menteri Bambang.

920

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved