Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Air dan Sanitasi, Investasi Penting untuk Menopang Pembangunan

November 19th, 2015 4:27 pm


Direktur Permukiman dan Perumahan Kementerian PPN/Bappenas sekaligus Ketua Kelompok Kerja (POKJA) Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Nasional Nugroho Tri Utomo memaparkan dalam program Special Dialogue bertema Air dan Sanitasi: Investasi Pembangunan yang ditayangkan televisi Berita Satu TV, Rabu (18/11).

Dalam diskusi tersebut, Direktur Nugroho memaparkan tiga tantangan utama dalam mewujudkan fasilitas air dan sanitasi yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Pertama, mengenai pembatalan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Sumber Daya Air. “Lebih dari 14.800 organisasi pengelola air minum di pedesaan yang tediri dari masyarakat jadi tidak punya dasar hukum yang pasti,” ungkap beliau.

Kedua, terkait masalah kelembagaan, yakni peran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang belum bisa beroperasi layaknya perusahaan profesional karena kurangnya dukungan  dari pemerintah daerah.

Ketiga, isu terbatasnya jumlah anggaran juga berkontribusi atas eksistensi sanitasi dan air bersih. Meski demikian, Direktur Nugroho menegaskan tak mau terjebak dalam masalah klasik tersebut. “Bukan saatnya lagi mengeluh, tapi bagaimana dengan dana yang ada kita memastikan pemanfaatan sangat efektif dan efisien,” tandasnya.

Inspirator Knowledge Day Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2015  Sugeng Triyono yang turut hadir dalam diskusi menambahkan, warga harus melengkapi usaha yang dilakukan pemerintah dengan berperan aktif dalam melestarikan fasilitas sanitasi dan air bersih dengan berbagai cara, seperti mematikan air jika tidak dipakai dan membersihkan lingkungan. “Tanpa dirawat secara berkala, fasilitas pemerintah akan mubazir dan manfaat akan hilang,” tandasnya.

841

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//