Frequently Asked Questions



1. Karir di Bappenas
   
Q Bagaimanakah cara agar saya dapat berkarir sebagai PNS di Bappenas?
A Pendaftaran karir sebagai Pegawai Negeri Sipil dilakukan dalam format seleksi nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan setiap tahun untuk seluruh instansi pemerintahan di Indonesia, termasuk di Kementerian PPN/Bappenas. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai seleksi dan formasi CPNS di halaman muka website Bappenas maupun di publikasi nasional saat periode seleksi CPNS berlangsung.
   
Q Bagaimana agar saya dapat berkarir sebagai tenaga ahli / konsultan di Bappenas?
A Untuk melihat lowongan karir sebagai tenaga kontrak di Bappenas, harap meninjau halaman pengadaan konsultan yang dapat diakses melalui halaman muka website Bappenas.

[http://www.bappenas.go.id/pengadaan-konsultan]

   
Q Saya adalah seorang mahasiswa. Bagaimanakah prosedur pengajuan kegiatan magang di Bappenas?
A Kami menyambut baik keinginan para mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan magang di Bappenas. Untuk prosedur pengajuan kegiatan magang, Anda dapat melakukan konsultasi dengan Biro Sumber Daya Manusia melalui nomor telepon 021-31936207 pesawat 2302 atau 2304
   
2. Pembiayaan dari Bappenas
   
Q Bagaimana agar saya bisa mendapatkan pembiayaan acara/kegiatan dari Kementerian PPN/Bappenas?
A Jika Anda memiliki permohonan pembiayaan acara/kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan di bidang tertentu, Anda dapat berkoordinasi dengan unit kerja yang berhubungan dengan bidang tersebut. Namun secara umum, Bappenas tidak menerima pembiayaan acara/kegiatan selain yang telah dianggarkan pada APBN RI.
   
Q Apakah Bappenas membuka peluang untuk pembiayaan pendidikan/beasiswa?
A Bappenas memiliki beberapa program beasiswa seperti beasiswa S2 maupun beasiswa tugas belajar PNS dari Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana. Informasi dan keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat melalui portal pusbindiklatren.bappenas.go.id
   
 3.  Data-Data Pembangunan
   
 Q  Bagaimana jika saya ingin melihat data pembangunan nasional?
 A   Data yang dimiliki oleh Bappenas merupakan data mengenai pembangunan nasional yang sebagian besar dapat diakses melalui laman Data dan Informasi serta melalui perpustakaan Bappenas di portal perpustakaan.bappenas.go.id.
   
 Q  Bagaimana jika saya ingin melihat data pembangunan di daerah tertentu?
 A  Sehubungan dengan otonomi daerah, pemerintah pusat telah mendelegasikan kewenangan perencanaan di daerah kepada pemerintah daerah setempat. Pemerintah pusat tidak mendokumentasikan data dan informasi pembangunan pada tingkat daerah. Data-data ini tersedia dan dapat diakses melalui dinas terkait di pemerintah setempat.
   
 4.  Kerjasama
   
 Q  Bagaimana prosedur pengajuan narasumber untuk seminar/kegiatan/artikel dari Kementerian PPN/Bappenas
A Pada prinsipnya pejabat Bappenas akan menyambut baik permohonan narasumber untuk seminar/kegiatan/artikel berita tertentu. Akan tetapi, materi yang ditanyakan agar disesuaikan dengan pejabat yang menjadi narasumber. Menteri PPN/Bappenas akan sangat sesuai jika menjadi narasumber untuk isu yang bersifat strategis. Sedangkan untuk isu teknis, sebaiknya diajukan langsung kepada Deputi atau Direktur yang membidangi isu tersebut.

Permohonan wawancara juga sebaiknya mencantumkan surat permohonan wawancara dengan penjelasan yang lengkap. Juga akan lebih baik jika sudah dilampirkan daftar pertanyaan yang akan diajukan.

Permohonan ini kemudian dapat dikirimkan ke Biro Hubungan Masyarakat melalui email humas.bappenas(at)gmail.com atau melalui faks ke 3193.4779.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved