Berita

Sistem Aplikasi Terintegrasi Perencanaan, Penganggaran dan Informasi Kinerja untuk Mencapai Target Pembangunan

April 12th, 2017 4:40 pm


JAKARTA - Rabu (12/4), Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Knowledge Sector Initiative (KSI) dan Australian Government menyelenggarakan Grand Launching dan Bimbingan Teknis Sistem Aplikasi Terintegrasi Perencanaan, Penganggaran dan Informasi Kerja di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Pada acara Rakorbangpus sebelumnya (11/4), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro menyebutkan, “Dengan adanya sistem ini diharapkan Kementerian/Lembaga (K/L) dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan perencanaan, penganggaran, pelaporan kinerja dan pengendalian proyek pembangunan sehingga target-target pembangunan dapat tercapai optimal.”

Acara Grand Launching ini dibuka oleh sambutan dari Deputi Bidang Pembangunan Bappenas Kennedy Simanjuntak dengan paparan bertajuk “Integrasi Perencanaan, Penganggaran dan Informasi Kerja. Kennedy menyebutkan, sistem ini sudah ditunggu sejak lama untuk mempermudah proses administrasi dan mendukung penggunaan informasi oleh berbagai K/L sehingga dapat saling bertukar informasi lebih cepat lagi.

Selain itu turut menyampaikan sambutan, Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Didid Noordiatmoko. Menurut Didid, sistem aplikasi ini menjadi tools (alat) untuk melayani proses integrasi perencanaan, penganggaran dan informasi kerja sehingga setiap K/L perlu tetap menjaga substansinya. Tidak hanya sibuk membuat laporan, tetapi mampu menekan inefisiensi anggaran.

Untuk mencapai target-target pembangunan, diperlukan sinergi yang lebih baik antara proses perencanaan dan penganggaran. Mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Rencana Strategis Kementerian/Lembaga, Rencana Kerja Pemerintah, Rencana Kerja Kementerian/Lembaga hingga Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Maka, agar sinkronisasi proses perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional dapat terwujud,  Kementerian PPN/Bappenas menggelar Grand Launching Sistem Aplikasi Terintegrasi Perencanaan, Penganggaran, dan Informasi Kinerja tersebut. Sistem aplikasi ini bersifat real-time, dapat diakses melalui situs internet, dan menggunakan satu data terpusat serta terintegrasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Sistem Aplikasi Terintegrasi Perencanaan, Penganggaran, dan Informasi Kinerja juga berperan untuk mendukung implementasi kebijakan money follows program dalam RKP 2018. Sistem tersebut memiliki sejumlah menu utama, di antaranya visi dan misi, sasaran strategis, program dan kegiatan, rekapitulasi, treeview, timeline, manual dan frequently asked questions atau FAQ.

Dalam menu program, terdapat beberapa submenu, yakni output program, indikator output program, sasaran program, dan indikator kinerja program untuk memantau jalannya suatu program pemerintah. Menu sasaran strategis memastikan kementerian/lembaga menjelaskan apa saja indikator sasaran yang ingin dicapai.

Pada Sistem Aplikasi Terintegrasi Perencanaan, Penganggaran, dan Informasi Kinerja, terdapat empat peran pengguna kementerian/lembaga yang dibagi sesuai tugas dan fungsi masing-masing, yakni: (1) User (pengguna) Kepala Biro Perencanaan yang dapat mengunggah rancangan rencana kerja dan rencana kerja final; (2) User (pengguna) Admin kementerian/lembaga untuk manajemen pengguna; (3) User (pengguna) Biro Perencanaan yang melakukan entry data rencana kerja pada setiap program; (4) User (pengguna) staf kementerian/lembaga yang berperan sebagai staf entry data per program sesuai unit organisasi.

Sebelumnya, Kementerian/Lembaga harus membuat laporan penganggaran untuk diserahkan ke Kemenkeu, laporan realisasi perencanaan untuk dilaporkan ke Kementerian PPN/Bappenas, dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan untuk diberikan ke KemenPAN RB. Dengan adanya sistem tersebut, Kementerian/Lembaga cukup mengunggah satu laporan ke sistem yang bisa diakses secara real-time di tautan e-musrenbang.bappenas.go.id.

600

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2017 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved