Berita Harian Bappenas

MDGs Masih Perlu Perhatian Khusus

September 21st, 2011 12:00 am

Sebagai upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan pemenuhan komitmen global. Beberapa tujuan Millennium Development Goals (MDGs) telah dicapai, tetapi sebagian masih membutuhkan perhatian khusus. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperkuat koordinasi perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring-evaluasi baik di tingkat nasional maupun daerah, sebagaimana ditetapkan oleh Inpres No.2 Tahun 2010 tentang Pembangunan yang Berkeadilan.

“Disparitas antarprovinsi dalam pencapaian MDGs cukup lebar dan merupakan persoalan yang besar untuk mencapai peningkatan kesejahteraan rakyat,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah, Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Ir. Max Hasudungan Pohan, CES, MA, dalam Pertemuan Penyelesaian Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) MDGs Provinsi, di Hotel Akmani, Jakarta, Selasa (20/9). Untuk itu, lanjut Pak Max, perlu dilakukan peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya yang meliputi biaya overhead dan biaya kegiatan teknis yang langsung ke target yang mewarisi.

Selain itu, hal lain yang juga perlu dilakukan adalah peningkatan koordinasi antar kementerian/lembaga (K/L) dan antara pusat dan daerah dalam merumuskan perencanaan dan mengalokasikan anggaran untuk mendukung pencapaian sasaran MDGs, serta monitoring dan evaluasinya. “Pola insentif bagi daerah dalam pencapaian sasaran MDGs masih belum terumuskan, karena itu perlu dikembangkan,” jelas Pak Max yang juga menyarankan adanya pengembangan skema pembiayaan untuk mendukung pencapaian sasaran MDGs serta penguatan komitmen eksekutif dan legislatif dalam pencapaian sasaran MDGs.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut di atas, pada Rabu (21/9), di tempat yang sama dilaksanakan Diskusi Kelompok Penyelesaian Draft RAD MDGs Provinsi. Menurut Direktur Agama dan Pendidikan Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Ir. Subandi, Msc, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, diskusi ini bertujuan untuk memperoleh informasi kemajuan dan masalah yang dihadapi pada proses penyusunan RAD MDGs Provinsi sehingga diperoleh pemecahan masalah dalam proses penyusunan RAD MDGs Provinsi.

(Humas)


UNDUH DOKUMEN

1. MDGs Masih Perlu Perhatian Khusus - 1 .. (application/pdf)
178

Berita Terkait

Comments

Leave a Reply



(Your email will not be publicly displayed.)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.